5 Tips Parenting Untuk Batita
27 March 2020
Mama, apakah Si Kecil sudah memasuki usia di atas 12 tahun atau Batita? Wah lagi serunya sekaligus challenging tuh, Ma. Memasuki usia 1 hingga 3 tahun butuh cara khusus untuk menghadapi Si Kecil. Contohnya: saat mama bilang “jangan pukul-pukul meja, ya nak” Ia pasti akan memukul-mukul meja. Tenang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, Ma. Perilaku itu wajar kok untuk anak seusianya. Berikut adalah 5 tips yang bisa mama terapkan

1. Acuhkan Perilaku yang Tak Berkenan
Ini pasti sering terjadi saat Si Kecil memasuki usia ini. Biasanya berbentuk perbuatan atau perkataan yang tidak menyenangkan untuk mama dan papa. Tenang saja, Ma. Ini wajar karena Ia mulai meniru apa yang dilihat dan didengarnya. Pada saat ini terjadi acuhkan saja. Santai saja. Justru pada saat mama menganggap besar hal ini, Ia akan mengulanginya lagi dan bisa menjadi “senjata” pada saat Ia ingin mencari perhatian mama dan papa.

2. Ubah Kalimat Larangan
Ini saatnya mama dan papa belajar bahasa lagi, khususnya apabila berkomunikasi dengan Si Kecil. Di umur 1-3 tahun, apa yang mama dan papa larang, pasti Ia akan lakukan. Jadi, coba sedikit ubah kalimatnya. Misalnya. dari “jangan lari” menjadi “jalannya pelan-pelan aja ya” Lebih bagus lagi apabila mama ikut mencontohkan.

3. Mulai Berikan Tugas
Di umur 1-3 tahun mama juga sudah bisa memberikan tugas untuk mereka kerjakan lho, Ma. Nggak usah yang berat dan susah. Misalnya: minta tolong untuk menutup pintu. Atau meletakkan suatu barang ke tempatnya. Ini akan melatihnya untuk bertanggungjawab sekaligus melatih kepercayaan dirinya. Jangan lupa untuk memberikan pujian apabila Ia berhasil melakukan tugasnya ya, Ma.

4. Kenali Emosi dan Perasaannya
Di tahap ini mereka sedang memasuki tahap berekspresi dan mengenali emosi mereka, sangat penting bagi kita sebagai orangtua untuk membantu mereka. Pastikan bahwa mereka bebas mengekspresikan perasaan dan emosi mereka. Saat mereka marah, bilang “Adek marah? Gak pa apa. Tapi jangan mukul ya” Atau begitu juga saat mereka sedih. Ini penting untuk perkembangan emosi dan jiwa mereka ke depannya.

5. Mulai Berikan Rutinitas
Salah satu hal yang sulit dilakukan Si kecil adalah mengikuti jadwal. Berbeda dengan orang dewasa, Si Kecil belum sadar dengan waktu. Cara membantunya adalah dengan mulai memberikan rutinitas. Jadi, sebaiknya mulai tetapkan jadwal rutin kapan saatnya makan, saatnya bermain dan saatnya tidur. Tentukan waktunya dan taati dan jalankan bersama-sama ya, Ma.