Tips Mengatasi Si Kecil yang Susah Makan
23 February 2020
Memasuki usia 6 hingga 12 bulan, sudah saatnya memikirkan makanan untuk Si Kecil ya, Ma. Walaupun di usia sekarang, Si Kecil masih mengonsumsi Makanan Pengganti ASI, tapi paling tidak momen ini bisa dijadikan latihan untuk ke depannya. Salah satu problem klasik soal makanan adalah, Si Kecil yang pemilih dalam soal makanan. Apa tips-tips yang bisa mengatasi hal tersebut. Berikut 5 tipsnya, Ma.

1. Budayakan Makan Bersama
Ini adalah kegiatan sederhana tapi tidak mudah untuk dilakukan. Di antara berbagai kesibukan mama sehari-hari, sangat sulit menyempatkan waktu secara konsisten untuk makan bersama seluruh anggota keluarga. Ini kegiatan ritual yang sangat penting dan bisa membantu problem makan Si Kecil lho, Ma. Pada saat makan bersama, Papa dan Mama bisa mencontohkan bagaimana menikmati makanan dengan harapan Si Kecil akan mencontohnya. Selain itu, kegiatan cerita, ngobrol, dan curhat mungkin juga bisa dilakukan di momen ini.

2. Buat Menu Sayuran Jadi Menarik
Normal sekali kalau anak-anak tidak suka makan sayur. Kadang orang dewasa pun belum tentu suka. Namun yang perlu dilihat adalah manfaat besarnya untuk tubuh kita. Jadi, mengonsumsi sayur memang sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi. Coba sedikit kreatif dalam mengolah menu sayuran. Misalnya, daripada dimasak dengan kuah atau kukus, mungkin bisa dimasukkan ke menu favorit Si Kecil.

3. Coba Dulu
“Adek cobain makanan ini deh, enak banget lho” Mengajak Si Kecil untuk mencoba makanan dengan nada persuasif, bisa jadi solusi Si Kecil yang pilih-pilih makanan lho, Ma. Menu Si Kecil yang itu-itu aja terjadi karena Ia sudah familiar dengan rasanya. Semangati Si Kecil untuk sedikit bereksplorasi dengan makanan-makanan baru. Namun yang pasti, kalau Si Kecil tidak suka ya jangan dipaksa ya Ma. Yang penting dia sudah mencoba.

4. Tidak Ada Pilihan Lagi
Cara agar Si Kecil tidak pilih-pilih adalah dengan tidak memberikan pilihan lain. Mama bisa bilang ke Si Kecil “Hanya ini makanan yang mama masak, dimakan ya” Biarkan mereka memilih untuk makan atau tidak. Kalau mereka lapar, pasti akan dimakan kok. Dan kalau pun mereka memilih untuk tidak memakan, jangan khawatir, menurut studi melewatkan satu kali makan tidak akan membuat mereka sakit, kok. Namun perhatikan selera makanan mereka pada saat mama memasak juga ya.

5.Berikan Apresiasi dan Bonus
Cara paling terakhir yang mungkin saja efektif adalah memberi mereka semacam “bonus” kalau mau mencoba makanan baru. Contoh “adek makan masakan ini dulu ya, kalau habis, berikutnya adek boleh pilih makanan yang adek suka” Coba deh, Ma. Siapa tahu lebih efektif mengatasi masalah Si Kecil susah makan.