5 Fungsi Popok Selain Untuk Alas Pipis
28 January 2020
Salah satu momen yang pasti ditemui setelah menjadi orang tua adalah momen mengganti popok. Selain memang rutinitas, ini juga aktivitas yang menyenangkan dalam menghabiskan waktu bersama Si Kecil ya, Ma. Ternyata, popok bukan hanya berfungsi sebagai alas pipis saja lho, Ma namun juga mempunyai fungsi lain. Apa saja 5 fungsi tersebut, berikut penjabarannya, Ma

1. Penanda Pertumbuhan
Bagaimana melihat skala pertumbuhan Si Kecil? Paling mudah pastinya melalui perubahan tinggi dan berat badan ya, Ma. Tapi itu bukan satu-satunya lho, Ma. Ukuran popok yang semakin lama-semakin membesar juga bisa menjadi indikasi kalau pertumbuhan Si Kecil sedang berjalan. Pasti mama mengalami kan, saat Si Kecil memakai popok ukuran Small, tiba-tiba beberapa bulan berikutnya, popok tersebut sudah tidak muat dan harus memakai ukuran yang lebih besar. Itu berarti Si Kecil sedang mengalami pertumbuhan. Good Job, Ma!

2. Menganalisa Makanan Si Kecil
Ini mungkin bagian yang kurang menyenangkan karena kita harus menganalisa pup Si Kecil. Namun jangan salah lho, Ma. Pup bayi bisa menunjukkan apakah Si Kecil telah mengonsumsi makanan yang benar. Si Kecil yang mengonsumsi MPASI pasti berbeda dengan yang sudah mengonsumsi makanan padat. Jadi cocokkan dan sesuaikan, pada saat mengganti popok Si Kecil ya, Ma.

3. ASI Cukup atau Tidak?
Ini kekhawatiran mama yang masih menyusui, apakah telah memberikan ASI yang cukup kepada Si Kecil atau masih kurang? Gampang Ma, tinggal lihat aja frekuensi penggantian popok dalam sehari. Jika Si Kecil mengganti popok 6 hingga 8 kali sehari dengan warna urin yang cerah dan baunya tidak kuat, bisa dipastikan Si Kecil cukup ASI dan mama tidak perlu khawatir lagi.

4. Waktu Bermain Bersama Si Kecil
Ini adalah salah satu cara bagaimana rutinitas mengganti popok Si Kecil menjadi lebih menyenangkan. Jadikan saja momen itu sebagai waktu bermain. Saat mama mengganti popok Si Kecil, coba ajak Si Kecil bernyanyi, bercerita ada sekedar menggelitik pinggangnya hingga Si Kecil tertawa. Pasti jadi lebih seru deh, Ma.

5. Belajar Tentang Fitur-fitur Popok
 Jangan salah, popok juga bisa menjadi sumber pengetahuan baru lho Ma. Apalagi untuk mama baru. Faktanya, popok bukan hanya sekedar alas pipis namun juga bisa dilengkapi dengan berbagai macam fitur-fitur yang membantu agar Si Kecil lebih nyaman. Salah satunya adalah popok GOON yang mempunya berbagai macam fitur mutakhir. Coba aja cek berbagai macam variannya dan sesuaikan dengan kebutuhan Si Kecil