5 Cara Menenangkan Si Kecil yang Menangis
07 November 2019
Di umur 0-3 bulan, Si Kecil yang menangis pasti udah “makanan” sehari-hari ya, Ma. Untuk mama yang sudah berpengalaman pasti ini bukan masalah. Namun buat mereka yang baru aja menjadi mama, pasti ini sangat membingungkan. Penyebab Si Kecil menangis memang ada yang berhubungan dengan kebutuhannya seperti: lapar, haus, kedinginan atau kegerahan dan pup atau pipis. Kalau ini terjadi, ya tinggal dipenuhi saja kebutuhannya. Tapi kadang-kadang Si Kecil menangis tanpa sebab dan hanya sedikit rewel. Saat ini terjadi ada 5 cara yang bisa mama lakukan.

1. Gendong Si Kecil
Ini cara yang paling standar dan paling natural ya, Ma. Saat Si Kecil nangis pasti spontan mama langsung menggendongnya. Apa pun penyebab Si Kecil menangis pasti dipegang oleh seseorang yang paling dekat dengannya pasti bisa menenangkannya. Kontak fisik dengan mama adalah salah satu cara yang bisa membuatnya nyaman.

2. Berikan ASI
Ini merupakan cara yang efektif karena selain menenangkan Si Kecil sekaligus memberikan asupan “makanan” kepada Si Kecil. Dan ini merupakan “senjata rahasia” yang hanya dipunyai oleh mama untuk menenangkan Si Kecil.

3. Ayun-Ayun Si Kecil
Gerakan yang berulang-ulang, konstan dengan ritme tertentu akan membuat Si Kecil merasa nyaman. Pada saat Si Kecil menangis tanpa sebab, coba deh pakai trik ini deh, Ma. Caranya bisa pindahkan Si Kecil ke ayunan atau gendong sambil ayun-ayun di tangan mama atau papa juga boleh. Melakukan kontak fisik dengan orangtuanya pasti akan membuat Si kecil merasa aman.

4. Setel Musik
“Ah bayi mana ngerti musik” Eits jangan salah, ma. Musik yang menenangkan itu adalah salah satu sarana yang paling ampuh untuk mengatasi Si Kecil yang menangis. Dan Si kecil sudah bisa menerima lantunan musik sejak Ia masih di dalam kandungan lho, Ma. Dan tidak perlu seorang penyanyi profesional yang bisa menenangkan Si Kecil. Ia lebih kenal dengan suara mama. Suara yang paling familiar dengan dirinya semenjak Ia belum lahir ke dunia. Jadi, kalau Si Kecil menangis tanpa sebab lagi, coba deh nyanyikan sebuah lagu untuknya.

5. Pijat Si Kecil
Memijat tubuh dapat membawa efek yang menenangkan. Ini ternyata juga berlaku untuk bayi lho, Ma. Bayi cenderung senang untuk disentuh dan dipijat. Cukup pijat dengan sentuhan lembut di bagian punggung, pundak atau tangan dan kakinya pada saat Ia menangis. Mudah-mudahan Ia menjadi lebih tenang.