Tips Agar Si Kecil Tidur Pulas Hingga Pagi
19 July 2019
Si Kecil Pulas tertidur hingga pagi adalah suatu kemewahan bagi para orangtua, karena dengan begitu Papa dan Mama pun bisa beristirahat dengan nyaman. Namun ada beberapa hal yang membuat Si Kecil resah dalam tidurnya sehingga Ia akan selalu bangun di sepanjang malam. Mungkin Ia lapar, atau suhu ruangan yang kurang pas. Dan pada saat Si Kecil bangun, sudah pasti Mama akan terganggu juga istirahatnya. Berikut 5 tips agar Si Kecil tidur malam dengan nyaman.

1. Bedakan Siang dan Malam
Di dalam tubuh kita ada yang namanya jam bilogis yang bisa membedakan waktu siang dan malam. Kita beraktivitas dengan frekuensi tinggi di siang hari dan menurun di malam hari. Tapi Si Kecil belum bisa membedakan mana malam dan siang, dan tugas kita sebagai orangtua yang mengarahkannya. Pilih aktivitas yang seru di siang hari, dan lakukan aktivitas yang tenang di malam hari. Ini bisa membantu agar jam biologis Si Kecil dapat terprogram.

2. Saatnya Tidur Sendiri
Kita terbiasa dengan pola memberikan kenyamanan kepada Si Kecil agar Ia tertidur. Padahal itu adalah aktivitas yang bisa membuat Si Kecil ketergantungan agar bisa tidur. Ingat, tidur adalah aktivitas alami dan harus bisa dilakukan sendiri. Coba deh sesekali, biarkan Si Kecil tertidur secara sendirinya. Biarkan ia melatih memberikan kenyamanan pada diri sendiri untuk tidur. Dengan begitu, Ia tidak akan tergantung pada mama dan papa untuk memberikan kenyamanan.

3. Membuat Rutinitas Tidur
Rutinitas sebelum tidur ini penting sebagai time signal atau penanda waktu tidur. Aktivitasnya pun yang sederhana saja seperti membaca buku, bernyanyi, bercerita, berdoa dan lain-lain. Jadi Si Kecil tau kalau sudah waktu malam dan melakukan aktivitas ini, berarti sebentar lagi saatnya tidur.

4. Berikan Barang Favorit Sebagai Teman Tidur
Di umur 6 hingga 12 bulan, Si Kecil sudah bisa diberikan barang favorit untuk menemaninya tidur. Selimut dengan karakter favoritnya, bantal kesukaan ataupun boneka. Dengan memberikan barang favoritnya harapannya dapat menggantikan kenyamanan akibat berpisah sementara dengan mama.

5. Pakai Popok yang Teruji Tahan Semalaman
Popok basah karena sudah penuh adalah salah satu faktor yang membuat Si Kecil bangun malam. Oleh karena itu, pilih popok yang dapat menjaga Si Kecil tetap kering dan nyaman sepanjang malam. Popok GOON dengan berbagai keunggulan dan fitur adalah salah satunya.