5 Aktifitas Sederhana Untuk Menstimulus Si Kecil
08 March 2019
Umur 1 sampai 3 bulan adalah masa-masanya belajar. Setelah belajar mengenali suara, wajah dan sentuhan mama dan papa, di masa ini pula Si Kecil akan bereaksi lebih banyak lagi dan akan sangat menyenangkan sekali melihat tingkah lakunya. Di umur ini pula Si Kecil akan mulai lebih banyak terjaga dibanding tidur dan akan mulai sadar dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu diperlukan aktifitas sederhana yang berbentuk permainan agar Si Kecil bisa terstimulus dan belajar lebih banyak lagi. Aktifitas dan permainan ini sangat mudah dilakukan kapan saja, misalnya sehabis mandi saat memakaikan popok Goon. Apa saja aktifitas tersebut, yuk lanjut ya, Ma

1. Tepuk Tangan
Ini mudah sekali dilakukan namun efeknya luar biasa untuk melatih stimulus dan saraf motorik Si Kecil. Ambil kedua tangan Si Kecil lalu lakukan gerakan tepuk tangan atau merentangkan tangan, menyilangkan tangan atau menyentuh kepalanya. Pasti Si Kecil senang deh, Ma

2. Mengayuh Sepeda

Ini aktifitas seru dan menyenangkan. Ambil kedua kaki Si kecil. Lalu tekuk di bagian lututnya, kemudia lakukan gerakan seolah-olah Si Kecil sedang mengayuh sepeda. Aktifitas ini akan melatih saraf motorik pada kaki Si Kecil sekaligus melatih stimulusnya. Sambil nyanyi juga boleh lho, ma biar aktifitas dan bermainnya lebih seru.

3. Fokus, Fokus, Fokus
Ini salah satu aktifitas dan latihan yang cukup penting untuk melatih stimulus penglihatan anak. Caranya, ambil salah satu mainan favorit Si Kecil. Lalu perlihatkan kepada Si Kecil dan gerakkan ke kiri dan ke kanan. Cek apakah mata Si Kecil mengikuti gerakan tangan Mama. Apalagi kalau pakai mainan pesawat terbang Si Kecil dan Mama atau papa menggerakannya dengan menirukan suara pesawat, pasti tambah seru tuh, Ma.

4. Saatnya Tengkurap
Saat Si Kecil dalam keadaan terjaga, balik badan Si kecil dan biarkan Ia tengkurap untuk melatih kekuatan pundak dan lehernya. Tapi ingat, jangan ditinggal sendirian ya, Ma. Di umur segini, Si kecil masih membutuhkan supervisi yang ekstra untuk mencegah kecelakaan. Apalagi pas latihan tengkurap ini, saat Si kecil sudah merasa capek dan lelah, pastikan mama ada untuk membalikkan badannya lagi.

5. Menirukan Ekspresi
Wajah adalah struktur yang paling dikenali dan bersahabat dengan bayi. Dan wajah yang paling Ia sukai adalah siapalagi kalau bukan wajah Papa dan Mama. Gunakan ini untuk melatih stimulus Si Kecil, Ma. Saat Ia berbaring, Mama atau Papa bisa membuat berbagai macam ekspresi wajah agar Si Kecil melihat dan menirukannya. Buat berbagai macam ekspresi wajah mulai dari senang, sedih, tertawa, menangis dan lain-lain.