5 Tips Membesarkan Anak Di Era Digital
04 February 2019
Memang harus disadari dunia telah jauh berubah. Dengan hardirnya teknologi digital, cara membesarkan anak pun harus ikut berubah. Alat-alat digital seperti gadget yang dekat dengan kehidupan sehari-hari bagai dua bilah mata pisau. Berguna, dan sekaligus ancaman, bila kita tidak tahu cara menggunakannya.

Melarang anak sepenuhnya untuk tidak menggunakan gadget memang kurang bijak karena gadget bisa digunakan sebagai alternatif cara belajar yang efektif. Namun membebaskan mereka memegang gadget tanpa batasan juga akan berpengaruh kurang baik bagi perkembangan mereka.

Berikut tips untuk para papa dan mama seputar anak dan gadget

1. Tetapkan batas
Sama halnya dengan aktivitas lainnya, gadget pun harus mempunyai batas waktu. Tetapkan saja batas waktunya berapa lama Si Kecil dapat beraktivitas dengan gadgetnya, tapi yang paling penting disiplin dan konsisten dengan batas yang telah ditetapkan ya, ma

2. Perlakukan Media Online Layaknya Offline
Memang tidak bisa dipungkiri, dunia online memang seperti memasuki dunia baru. Oleh karena kita, mama dan papa harus memperlakukan dunia online ini layaknya dunia nyata. Kenali siapa-siapa saja temannya di dunia online, apa yang mereka tonton, aplikasi apa yang mereka install dan gunakan, sama seperti halnya di kehidupan nyata.

3. Jadi Contoh yang Baik
Siapa yang bisa mengajari anak bagaimana memperlakukan gadget dengan baik, selain dari mama dan papa sendiri. Ayo, papa dan mama sudah mempergunakan gadget dengan sehat belum? Karena anak belajar dari mencontoh, dan orang yang paling dekat untuk dicontoh adalah orangtuanya sendiri. Jadi, pastikan papa dan mama juga menggunakan gadget dengan semestinya ya.

4. Jadi Teman Online Mereka
Kadang kita sebagai orangtua memberikan gadget kepada anak-anak dengan tujuan agar mereka sibuk sehingga kita bisa asik ber-gadget ria juga. Betul, kan? Nah, kenapa tidak coba meluangkan waktu online berdua dengan mereka. Misalnya browsing social media bersama-sama sambil belajar, main game online bersama, atau melihat video di internet bersama. Jangan lupa untuk memilih aktivitas yang seru sekaligus bermanfaat juga ya, ma.

5. Ciptakan “Daerah Bebas Gadget”
Ini merupakan salah satu cara yang menarik agar konsumsi gedget sedikit berkurang. Buat area di dalam rumah di mana peraturannya adalah tidak boleh ada gadget di area itu. Misalnya di ruang makan atau di ruang TV. Siapa pun yang masuk ke area itu, harus meninggalkan gadgetnya. Ini berfungsi untuk melatih kedisiplinan sekaligus menghargai orang lain.