Ini Dia 5 Tips Singkat Untuk Yang Baru Saja Jadi Mama
04 January 2019
Menjadi orangtua merupakan pengalaman baru yang menyenangkan, namun juga kadang membingungkan. Berbagai tips, saran dan masukan datang dari berbagai macam pihak mulai dari keluarga, teman sampai informasi-informasi dari internet dan media sosial. Jangan khawatir, Ma. Berikut 5 tips yang mungkin bisa merangkum itu semua. Mudah-mudahan bermanfaat.

1. Nikmati Saat Ini
Momen dengan Si Kecil yang harusnya menyenangkan kadang terganggu oleh pikiran kita yang mengkhawatirkan tentang yang akan selanjutnya terjadi. “Cucian sudah beres belum, ya? Belum pumping, nanti akal nggak pumping Si Kecil kelaparan, Popok masih ada nggak ya?” Pikiran-pikiran seperti ini kadang menghalangi kita untuk menikmati saat ini lho, ma. Ingat, waktu sekarang tidak bisa terulang lho, ma.

2. Santai Menghadapi Problem Makan Si Kecil
Kalau ada salah satu sumber “konflik” antara mama dan Si Kecil, pasti soal makan. Mama ingin Si Kecil makan dengan benar, namun Si Kecil juga punya caranya sendiri. Jadi, santai saja ya ma. Jangan panik, jangan memaksa Si Kecil untuk makan, percayalah bahwa kebutuhan makan itu sangat alami, Si Kecil akan makan sendiri pada saat Ia merasa lapar.

3. Buat Jadwal Tidur Malam yang Lebih Cepat
Tidur yang cukup merupakan aktivitas yang penting untuk kesehatan jangka panjang. Buat jadwal tidur yang lebih cepat dan mulai sedini mungkin. Jangan biarkan Si Kecil beraktivitas hingga larut malam. Dengan tidur yang lebih cepat, Si Kecil bisa mendapatkan tidur yang Ia butuhkan dan Mama pun bisa menyimpan energi untuk aktitivas keesokan harinya.

4. Belajar Untuk Bilang Tidak
Tidak semua keinginan Si Kecil harus dituruti lho, ma. Walaupun susah karena kita sebagai orangtua pasti menginginkan Si Kecil selalu senang. Tapi memang, keinginan Si Kecil kadang bukan yang terbaik untuk mereka, dan kita sebagai orangtua harus tegas bilang tidak. Bilang tidak ini sebuah skill juga lho, ma. Semakin sering mama bilang tidak dengan alasan yang masuk akal, ke depannya semakin jarang juga mama akan melakukannya karen Si Kecil sudah mengerti tentang situasinya.

5. Kenali Anak Seperti Mengenal Diri Sendiri
Setiap anak itu unik dan punya karakter masing-masing. Dan kita sebagai orangtua, seumur hidup akan selalu berusaha untuk mengenal anak-anak kita. Anak pertama pasti akan beda dengan anak kedua, dan seterusnya. Perlakukan mereka sesuai dengan karakternya masing-masing.