5 Tips yang Membantu Si Kecil Gampang Tidur Malam
28 November 2018
Problem klasik yang dialami orangtua khususnya mama adalah kurang tidur. Penyebabnya adalah aktivitas tidur anak yang tidak sama dengan aktivitas orangtua. Walaupun sudah masuk kamar dan bersiap-siap untuk tidur bukan berarti mereka bisa langsung tertidur kan, ma? Nah berikut adalah 5 tips yang mungkin bisa membantu agar anak cepat terlelap.

1. Hindari Makan Besar
Ini salah satu tips penting mendekat jam tidur. Jangan berikan Si Kecil porsi makanan yang besar ya, ma. Badan perlu waktu untuk memproses makanan. Semakin banyak porsi makanan yang masuk, akan semakin lama pula proses pencernaannya, dan inilah yang menghambat Si Kecil untuk bisa tertidur secara cepat.

2. Ubah Jenis Aktivitas Si Kecil
Ada perbedaan yang besar antara jenis aktivitas di siang hari dan di malam hari. Di siang hari, sah-sah aja menjalankan aktivitas yang penuh energi dan bersemangat. Tapi di malam hari, saatnya memilih aktivitas yang tenang yang mengubah ritme tubuh menjadi lebih santai dan siap untuk tidur.

3. Beri Pilihan Kapan Waktunya Tidur
Tips ini selain membuat Si Kecil bisa punya jadwal tidur yang tetap, namun dapat juga melatih disiplin serta belajar mengambil keputusan. Saat waktu tidur tiba, tanyakan kepada Si Kecil “Mau tidur sekarang atau 5 menit lagi” Pilihan mana pun yang Ia ambil, pastikan mama juga secara disiplin menjalankannya ya, ma.

4. Hindari Rutinitas yang Menenangkannya
Ingat lho, ma tidur itu adalah sebuah skill juga, dan sebagai orangtua kita harus melatih Si Kecil untuk bisa tertidur secara mandiri. Menyanyikan nina bobo, mengusap-ngusap punggung atau mem-puk-puk pantatnya mungkin akan cepat membuatnya cepat tertidur. Tapi pada saat Ia terbangun di malam hari, Ia akan kembali mencari sumber kenyamanan itu, dan akhirnya baik mama ataupun Si Kecil tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Jadikan Kenyamanan yang Utama
Pastikan baju yang dipakai dalam keadaan bersih, selimut dalam keadaan hangat dan tidak lembab, temperatur kamar sesuai dengan suhu ruangan. Dan yang pasti siapkan popok GOON dengan berbagai macam fitur untuk persiapan tidur yang lebih nyenyak dan tanpa gangguan.