Saat si Kecil Tidak mau Berbagi
10 December 2017

Anak dengan usia dibawah 5 tahun memang belum sepenuhnya mengerti mengenai konsep berbagi atau meminjamkan, karena memang kemampuan bersosialisasinya belum berkembang dengan sempurna. Beberapa hal ini yang perlu mama ketahui jika si kecil tidak mau berbagi:

Jangan Langsung Menghukum Atau Memarahi si Kecil
Karena si kecil belum sepenuhnya paham mengenai konsep berbagi, maka hukuman atau memarahinya akan membuatnya bingung. Berikan pengertian secara perlahan tentang mengapa harus berbagi. Mama juga tetap harus menghargai barang-barang milik si kecil.

Berikan Contoh yang Boleh Dibagi dan yang Tidak Boleh

Ada barang-barangnya yang memang tidak boleh dibagikan atau dipinjamkan kepada temannya, seperti misalnya peralatan makan, mainan yg dimasukkan ke mulut dan peralatan mandi. Hal ini berkaitan dengan kebersihan dan menjaga penyebaran virus dan bakteri yang tidak diinginkan.

Jangan Paksa si Kecil untuk Berbagi
Memaksa si kecil untuk berbagi akan menimbulkan kebingungan tentang ‘kepemilikan’, bagi mama itu hanya sekedar mainan, namun untuk si kecil itu adalah barang berharganya. Adalah hal yang wajar jika si kecil sangat posesif dengan barang miliknya.

Ajarkan Cara Bertukar atau Bergantian

Untuk mengajarkan si kecil langsung berbagi dengan temannya tentu tidak mudah ma, mama bisa mencoba bermain bertukar mainan atau  bergantian dengan waktu. Misalnya adek pinjamkan mainannya temannya pinjamkan mainannya untuk adek. Ini akan mengajarkan si kecil berkompromi dan negosiasi

Libatkan si Kecil Untuk Membagikan Sesuatu

Mintalah si kecil untuk membagikan makanan pada teman-temannya saat ia bermain, hal ini akan mengajarkan si kecil ternyata berbagi itu  menyenangkan. Dan akan melakukannya kembali.