Pertolongan Pertama Saat si Kecil Jatuh
06 October 2017
Seriring bertambahnya usia si kecil, tentu kebisaannya juga bertambah ya ma. Sebelumnya jika mama tinggal saat tidur, mama bisa tenang karena ia tidak akan pindah kemana-mana. Namun sekarang sudah bisa merangkak,merambat atau bahkan mulai berdiri, kewaspadaan mama jadi meningkat dan resi ko si kecil jatuh juga semakin besar. Jika si kecil jatuh, jangan langsung panic ya ma, berikut ini tips yang bisa mama lakukan jika si kecil jatuh:

Segera Angkat
Segera angkat si kecil, peluk dan tenangkan. Karena pasti si kecil sama kagetnya dengan mama. Pelukan mama mampu menenangkan si kecil.

Periksa apakah ada luka
Segera periksa apakah ada luka atau benjolan, jika ada benjolan kompres dengan lap dingin (es). Jika luka berdarah, bersihkan terlebih dahulu luka dengan air bersih.

Waspada tanda kegawat darutan
JIka si kecil terlihat tidak responsive, menangis terus menerus ,kejang atau muntah-muntah, segera bawa ke dokter terdekat agar dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Hindari menggunakan tempat tidur tinggi
. Jatuh memang tidak bisa dihindari ya ma, karena si kecil memang sedang masa eksplorasi ingin tahu banyak hal,namun kita bisa mengurangi resikonya. Sebaiknya gunakan  tempat tidur dengan pembatas/penghalang. Atau gunakan tempat tidur tanpa dipan, sehingga tidak terlalu tinggi

Beri Alas di sekitar tempat tidur
Walaupun si kecil tidak berada di tempat tidur yang tinggi, sebaiknya kelilingi tempat tidur dengan karpet/kasur tipis, sehingga jika si kecil jatuh atau terguling tidak terbentur langsung dengan lantai. Sama halnya dengan tempat bermain si kecil ya ma ?