MPASI Rumahan yang Mudah & Bergizi
04 January 2016

Mama GOO.N... tanpa terasa ternyata kini buah hati telah berusia 6 bulan, ASI sudah tidak mencukupi lagi sebagai nutrisi lengkapnya. Selain itu si kecil juga sudah memiliki pencernaan yang lebih siap untuk mencerna makanan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Maka tiba saatnya Mama GOO.N mulai mempersiapkan makanan yang cocok untuk buah hati karena selain bergizi pastinya lebih higienis. Mungkin Mama GOO.N akan sedikit repot kala menyiapkan MPASI buatan sendiri, meski produk MPASI instant kini sudah banyak sekali beredar di pasaran, namun tidak semua produk tersebut cocok dengan buah hati.

Untuk mendukung MPASI buatan yang bergizi dan higienis, berikut beberapa referensi menyajikan MPASI olahan yang sederhana.

Pure pepaya

Bahan:

  1. 150 gr pepaya (kupas kulitnya, cuci, potong-potong)

  2. 75 cc ASI perah/susu formula

 

Cara membuat:

  1. Siapkan blender. Masukkan potongan pepaya yang telah dikupas kulitnya dan dicuci hingga bersih. Tambahkan ASI perah atau susu formula.

  2. Blender sampai halus sekitar 3 menit.

  3. Tuang ke dalam gelas atau tempat makan si kecil.

*Bisa disajikan untuk 2 kali makan. (Pure pepaya bisa diganti dengan alpukat, kacang hijau, dll)

 

Pure Pir + Pisang

Bahan:

  • 50 gr buah pir (kupas kulitnya, cuci, potong-potong)

  • 50 gr pisang

  • 50 cc asi perah atau susu formula

 

Cara membuat:

  1. Kukus buah pir hingga lunak, kira-kira 10 menit. Angkat lalu sisihkan.

  2. Blender buah pir bersama ASI perah atau susu formula sampai halus. Tuang ke dalam tempat makan si kecil.

  3. Siapkan wadah, kerok pisang dengan sendok sampai halus.

  4. Campurkan pisang bersama buah pir ke dalam wadah.

*Bisa disajikan untuk 2 kali makan.

Mudahkan Mama GOO.N... dengan menyajikan sendiri MPASI bergizi di rumah, asupan gizi buah hatipun terjamin sehingga tumbuh kembangnya lebih optimal.