Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil
10 January 2022
Berikut ini beberapa manfaat dari mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil. Yuk simak ulasannya, Ma!

1. Kaya Asam Folat
Susu kedelai kaya akan asam folat yang menawarkan nutrisi yang diperlukan dalam kehamilan. Dilansir laman Being the Parent, kebanyakan ibu hamil diminta untuk mengonsumsi suplemen asam folat selama kehamilan karena asam folat diketahui membantu perkembangan sistem saraf pada bayi.

2. Mengandung Ragam Vitamin
Vitamin B1, A dan E adalah beberapa vitamin yang paling dibutuhkan di masa kehamilan. Konsumsi susu kedelai akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin pada janin dan ibu hamil.

3. Tinggi Kandungan Protein
Susu kedelai tinggi kandungan protein yang dapat menjaga kesehatan pada organ di dalam tubuh. Menurut The Journal of Perinatal Education, protein yang ada dalam biji kedelai dapat menjadi pengganti yang setara dengan protein daging. Zat protein memastikan organ-organ janin untuk bisa berkembang dengan baik.

4. Mengurangi Resiko Depresi
Susu kedelai dapat mencegah depresi loh Ma, karena merupakan salah satu makanan yang membuat suasana hati jadi lebih baik

5. Mengontrol Gula Darah
Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil adalah bisa mengontrol gula darah. Mereka yang memiliki diabetes gestational sendiri bisa mengandalkan kedelai untuk mengendalikan gula darah dan kolesterol. Meski demikian, para peneliti tetap meminta agar para ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan sebelum mengganti menu asupan harian.

6. Mencega Anemia
Ketika anemia diderita ibu hamil, hal ini bisa menimbulkan lemas, sakit kepala, dan cepat lelah. Sebuah studi menunjukkan bahwa memakan tahu secara rutin bisa mengurangi risiko terserang anemia pada laki-laki dan perempuan. Anemia terjadi ketika seseorang kekurangan zat besi sehingga bisa menimbulkan berbagai efek samping.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Bawaan
Biji kedelai mengandung vitamin B9 yang dikenal dengan sebutan asam folat. Kandungan asam folat dalam susu kedelai juga mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat bawaan seperti kecacatan tabung saraf janin atau neural tube defects (NTD).