Manfaat Menyusui Bagi Mama
16 November 2021

Menyusui adalah anugrah terindah yang dimiliki oleh semua Mama. Melalui proses ini, Mama dapat mempersiapkan sang Buah Hati untuk masa depan yang lebih cerah. ASI yang dihasilkan secara alami yang diproduksi oleh tubuh untuk memperkuat daya tahan tubuh serta memberikan perkembangan kecerdasan yang lebih baik untuk si Kecil. Pada akhirnya Mama dan bayi akan merasakan banyak manfaat ASI.

Merangkum dari Healthline dan Web MD, berikut beberapa manfaat kesehatan penting menyusui bagi mama.

1. Tidak banyak kehilangan darah dan rahim lebih cepat kembali ke ukura normal

Manfaat yang pertama dari menyusui setelah melahirkan ialah akan lebih sedikit kehilangan darah setelah mama segera menyusui si Kecil.

2. Mengurangi depresi setelah melahirkan

Secara kondisi pskilogis mama menyusui dapat mengurangi kondisi depresi. Berdasarkan penelitian di Australia (2003) menunjukkan adanya peningkatan depresi setelah melahirkan pada mama yang tidak menyusui dan yang menyapih si Kecil sejak dini.

3. Mengurangi penambahan berat badan setelah melahirkan

Menurut penelitian, Mama yang menyusui bayinya diketahui dapat mengurangi penambahan berat badan pasca melahirkan. Hal tersebut telah dibuktikan dengan 14.000 orang perempuan melahirkan yang memberi ASI eksklusif selama sedikitnya enam bulan. Karena pada saat menyusui dapat menghabiskan banyak kalori. Tetapi tidak semua mama mengalami hal yang sama, tergantung factor hormonal menjadi penentu naik turunya berat badan saat menyusui.

4. Menurunkan risiko terserang diabetes

Manfaat selanjutnya, menyusui dapat menurunkan risiko terkenanya diabetes karena menyusui dapat memperbaiki metabolisme. Hal tersebut juga telah dibuktikan oleh para ahli yang mengungkapkan bahwa ibu menyusui akan mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 4-12% setiap tahun

5. Menguragi risiko radang sendi

Menurut penelitian yang dilakukan Nurses Health, risiko terserang rheumatoid arthritis atau radang sendi sebesar 20% akan berkurang pada ibu yang menyusui selama setidaknya 12 bulan. Sedangkan selama 24 bulan akan berkurang sebesar 50%.

6. Menurunkan risiko hipertensi dan penyakit jantung

Penelitian yang melibatkan 139.000 orang perempuan tersebut menemukan adanya penurunan hipertensi sebesar 11%, penurunan lemak dalam darah sebesar 19%, dan pengurangan risiko penyakit jantung secara keseluruhan sebesar 10% pada mama yang menyusui. Sehingga para ahli mengungkapkan bahwa menyusui sangatlah bermanfaat bagi kesehatan jantung perempuan.

7. Menurunkan risiko kanker payudara

American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar bayi diberi ASI eksklusif sampai usia 6 bulan, dan kemudian terus diberi ASI ditambah makanan lain sampai usianya 1 tahun. Ketika Mama konsisten menyusui ASI selama kurun waktu 2 tahun atau lebih, resiko kanker payudara akan berkurang sebesar 24%. Sehingga mama menyusui memiliki risiko lebih rendah mengalami kanker, karena saat menyusui kadar hormone estrogen pun menurun. Estrogen merupakan hormone yang mampu menyebabkan risiko kanker payudara dapat meningkat.

Ada begitu banyak manfaat ASI bagi si Kecil maupun untuk mama. Jadi, jangan ragu dan khawatir lagi untuk memberikan ASI pada si Kecil tepat setelah ia dilahirkan. Apa bila ada hal yang kurang dipahami seputar ASI eksklusif, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya ma.

Sumber: https://www. popmama.com