Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Bayi, Mom Harus Tahu nih!!
25 October 2021

Minyak kelapa memiliki aroma yang menyenangkan dan tentu saja akan disukai bayi tercinta. Minyak ini juga bermanfaat untuk melembutkan dan melembapkan kulit bayi. Selain itu, apa saja si manfaat dari minyak kelapa untuk si kecil? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini ya, Mah!

1.)  Minyak Kelapa untuk Pijat Bayi

Ini dia khasiat minyak kelapa yang paling umum kita ketahui bagi bayi yaitu untuk memijat bayi yang bisa memperkuat bonding dengan orang tua dan membuatnya rileks sebelum tidur selain itu dapat menenangkan si kecil yang menangis dan rewel. Menggunakan minyak kelapa untuk pijat adalah pilihan yang baik, karena memiliki sifat antibakteri dan mudah diserap ke dalam kulit. Penggunaanya pun bisa kita campurkan dengan minyak zaitun atau avender oil supaya wanginya lebih menenangkan.

2.)  Mendukung Pertumbuhan Rambut

Tahu gak, Mah? Bahwa minyak kelapa kaya akan asam lemak rantai menengah yang dimana jenis asam lemak ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, yang berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut. Minyak kelapa juga tinggi asam laurat. Properti ini membantu mencegah kehilangan protein dari rambut. Selain itu, minyak kelapa ketika dipijat sebelum waktu mandi, membantu mengisi kembali kelembaban kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3.)  Mengatasi Cradle Cap

Apasih yang dimaksud Cradle Cap itu? Cradle cap adalah masalah yang sering sekali dialami bayi. Cradle cap merupakan dermatitis yang terjadi di kulit kepala bayi dan terlihat seperti ketombe. Caranya ialah pijat dengan minyak kelapa ke kulit kepala bayi, lalu diamkan selama 20 menit. Yang dimana Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap, sehingga bisa membuat cradle cap mudah mengelupas. Setelah 20 menit, bilas minyak kelapa dengan air dan gunakan sisir lembut untuk menghilangkan pengelupasannya.

4.) Mengatasi Ruam Popok

Sebagian besar bayi menderita ruam popok dikarenakan penyerapan urin dan kualitas popok tersebut. Minyak kelapa adalah salah satu cara alami terbaik untuk mengatasi ruam popok karena minyak ini tidak mengandung bahan kimia seperti krim ruam popok lainnya. Minyak kelapa juga bisa menjadi obat yang efektif untuk Candida Albicans, yang menyebabkan infeksi jamur. Selain itu, minyak kelapa bertindak sebagai penghalang antara popok yang kotor dan kulit. Untuk bisa merasakan manfaat minyak kelapa untuk bayi, Pijat dengan lembut pantat bayi dan lipatan kulitnya atau mamah hanya perlu mengaplikasikannya ke bagian yang ruam saja.

5.) Infeksi Jamur pada Bayi

Manfaat minyak kelapa selanjutnya ialah untuk mengatasi infeksi jamur pada bayi, mah. Menggunakan minyak kelapa dapat membantu mengatasi infeksi jamur, karena dapat melemahkan bakteri jahat. Sifat antijamur dan antibakteri dari minyak kelapa dapat mencegah infeksi kulit. Namun, itu harus digunakan di bawah bimbingan dokter anak saja ya mah!

Semoga informasi ini bermanfaat ya Mah. Memanfaatkan bahan alami untuk kesehatan anak sangat penting.


Sumber: https://www.popmama.com/