Hal-hal yang sering terjadi pada bayi baru lahir
03 March 2017
Banyak hal yang bisa dialami bayi baru lahir. Tak mengherankan jika hal ini membuat panik orangtua. Namun sebenarnya, masalah-masalah tersebut wajar dialami bayi baru lahir, berikut ini beberapa diantaranya :

Kuning (Jaundice)
Bayi kadang terlihat agak kuning pada beberapa hari setelah kelahirannya. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kurangnya asupan susu, golongan darah si Kecil dan Ibu berbeda yang menyebabkan hemolisis, hingga infeksi. Jika si Kecil masih tampak kuning dalam 24 jam pertama kelahiran, harus segera dibawa ke rumah sakit. Jika kuning muncul pada hari ke-2 atau lebih, sebaiknya diperiksakan dahulu ke dokter.

nfeksi Tali Pusar

Tali pusar si kecil harus dijaga tetap bersih dan kering hingga puput dengan sendirinya. Jika pusar si kecil terlihat merah dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap, segera konsultasikan dengan tenaga kesehatan yang menangani si kecil, karena bisa jadi merupakan pertanda infeksi tali pusat.

Berat badan turun

Seringkali berat badan bayi turun di minggu-mingu pertamanya. Namun jangan cemas ya ma, karena hal ini normal. Berat badan si kecil akan berangsur naik kembali di minggu kedua, namun jika berat badan bayi tetap turun di minggu ke dua segera konsultasikan dengan tenaga kesehatan yang menangani si kecil ya ma.

Mata si kecil sulit dibuka

Pada beberapa bayi baru lahir terlihat kesulitan membuka matanya karena banyak kotoran mata. Hal ini bisa terjadi karena saluran air mata si kecil masaih sangat kecil dan mudah tersumbat. Yang harus mama lakukan adalah rutin membasuh mata si kecil dengan kapas steril yang dicelupkan ke air matang.

Si kecil sering kali tersentak seperti kaget

Bayi baru lahir seringkali terlihat seperti kaget ya ma, namun jangan khawatir hal ini normal terjadi dan merupakan gerak reflek si kecil. Hal ini akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia si kecil.