Keluhan yang sering terjadi saat kehamilan
04 February 2017
Minggu ini GOO.N Indonesia akan sharing beberapa keluhan yang biasa muncul saat kehamilan. Mulai dari mual dan muntah hingga kenaikan Berat Badan yang tidak terkendali. Yuk Ma disimak.

Mual dan Muntah
Mual dan muntah juga termasuk salah satu keluhan saat kehamilan yang paling sering terjadi. Mual dan muntah saat kehamilan  dikarenakan perubahan kadar hormon estrogen dan human chorionic gonadotropin (hCG), sensitivitas terhadap sesuatu yang bau, perut yang lebih sensitif kemudian stres yang bisa menjadi penyebab umum mual dan muntah saat masa hamil.

Sering Buang Air Kecil
Saat usia kehamilan trimester pertama seringkali merasakan ingin buang air kecil sehingga memaksa untuk bolak balik ke kamar mandi. Kondisi ini dikarenakan adanya hormon hCG yang akan meningkatkan aluran darah ke daerah panggul selama kehamilan. Sedangkan keluhan yang terjadi saat trimester terkahir kehamilan karena rahim yang membesar akan menyebabkan kandung kemih tertekan dan meningkatkan frekuensi berkemih pada ibu hamil.  

Sakit Pinggang
Sering terjadi terjadi dikarenakan semakin membesarnya perut sesuai pertambahan usia kehamilan. Berat badan mama dan si kecil yang makin hari kian bertambah tentu membuat posisi otot perut dan punggung menjadi lebih tertekan dan terasa tidak begitu nyaman. Untuk mengatasi hal ini, mama dapat  mengurangi aktivitas yang berat-berat dan menjaga posisi tubuh supaya tulang punggung bisa selalu tegak dan tidak membungkuk.

Mengalami Keputihan
Keputihan saat hamil dikarenakan adanya peningkatan hormon ketika kehamilan berlangsung sehingga menyebabkan meningkatnya produksi cairan vagina. Cairan bening berwarna putih, bertekstur encer dan tidak berbau inilah yang bisa dikatakan normal. Namun  perlu diwaspadai jika keputihan berubah warna, berbau amis/menyengat, menimbulkan rasa gatal  (iritasi), terinfeksi jamur ataupun bakteri. Sebaiknya mama langsung memeriksakan diri ke dokter.

Kenaikan Berat Badan yang tidak terkendali
Kenaikan Berat Badan tidak terkendali adalah keluhan umum  yang memang pada terjadi saat kehamilan. Umumnya wanita sering mengalami kenaikan berat badan hingga mencapai 10-20 kilogram dibandingkan sebelum hamil. Pertambahan berat badan ini menandakan bahwa jaringan tubuh bayi dan  kebutuhan pendukung perkembangan lain seperti cairan ketuban sedang berkembang.