Tips Membiasakan Anak agar Lahap Makan Sayur dan Buah

02-06-2024

Tips Membiasakan Anak agar Lahap Makan Sayur dan Buah

Setiap orang tua pasti ingin memberikan makanan bergizi baik dan seimbang untuk anaknya. Salah satu caranya dengan menambahkan sayur-sayuran pada menu makanan anak, namun tidak semua anak menyukai dan mau memakan si hijau yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya itu. Berikut ini beberapa trik agar anak mau makan sayur dan buah ya, Ma.
 

1. Sajikan Sayuran dengan Menarik

Campurkan sayuran hijau dengan paprika merah, wortel, dan bawang bombay sehingga terlihat berwarna-warni dan meriah. Kreasikan makanan anak sekreatif mungkin, seperti memotong wortel menyerupai bentuk bunga dan susun brokoli hingga menyerupai rambut kribo, agar anak tertarik untuk memakannya. Nah, ini bisa menjadi cara yang menarik agar anak mau mencobanya lho, Ma.
 

2. Biasakan Memberi Sayur di Setiap Menu Anak

Jangan berhenti menyajikan sayuran di atas meja, walaupun anak tidak mau memakannya. Perlihatkan juga bahwa Mama dan Papa suka memakan sayur-sayuran. Dengan demikian, anak perlahan-lahan akan mengerti pentingnya memakan sayuran.
 

3. Samarkan Sayuran

Berikan makanan yang disukai anak dan gantilah beberapa bahannya dengan sayuran. Misalnya, buat atau beli nugget yang terbuat dari sayur-sayuran, atau tukarlah daging patty di dalam burger anak menjadi jamur tumbuk, atau selipkan sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam pizza anak.


4. Kombinasikan dengan Makanan Favorit

Campurkan sayur dan buah ke dalam makanan favorit anak. Buatlah resep masakan untuk anak yang susah makan sayur, misalnya, tambahkan sayuran ke dalam saus pasta atau smoothie buah yang lezat. Dengan cara ini, anak bisa menikmati makanan favoritnya sambil mendapatkan nutrisi tambahan dari sayur dan buah.


5. Berikan Pujian dan Penghargaan

Berikan pujian dan penghargaan ketika anak mencoba atau menghabiskan sayur dan buah mereka. Penghargaan bisa berupa kata-kata pujian, stiker, atau kegiatan menyenangkan bersama keluarga. Ini akan memberikan motivasi tambahan bagi anak untuk terus mencoba juga, Ma.
 

Dengan pendekatan yang sabar dan kreatif, Mama bisa membantu anak mengembangkan kebiasaan makan sayur dan buah yang baik. Ingatlah bahwa perubahan tidak terjadi dalam semalam, jadi teruslah mencoba dan tetap positif. Selamat mencoba ya, Ma!