Kemampuan Apa Saja Yang Harus Dimiliki Si Kecil Sebelum Memutuskan Masuk Sekolah?

01-12-2023

Kemampuan Apa Saja Yang Harus Dimiliki Si Kecil Sebelum Memutuskan Masuk Sekolah?

Halo Ma! Sebelum Si Kecil kita masuk sekolah, ada beberapa kemampuan yang harus mereka kuasai dulu. Yuk kita bahas kemampuan apa saja yang dibutuhkan sebelum memasuki pendidikan sekolah:

Pertama, motorik kasar dan halus.
Si Kecil harus bisa menggerakkan tubuh, tangan dan jari-jari mereka dengan lincah. Kemampuan ini penting buat bantu mereka untuk menulis, menggambar, mewarnai, makan sendiri, dan aktivitas fisik lainnya di sekolah.

Kedua, kemampuan bahasa.
Sebelum masuk sekolah, Si Kecil idealnya sudah bisa berbicara sederhana dan mengerti dengan kalimat yang diucapkan oleh orang lain. Proses ini mencakup kemampuan untuk berkomunikasi secara dua arah dan memahami ucapan lawan bicaranya sesuai tahapan usia Si Kecil. Keterampilan berbahasa ini sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Ketiga, konsentrasi dan fokus.
Si Kecil perlu dilatih fokus dan konsentrasi agar terbiasa mengikuti pelajaran dengan baik. Kegiatan seperti mendengarkan dongeng atau cerita bisa melatih konsentrasi mereka.

Keempat, kemampuan sosial dan emosional.
Perkembangan sosial emosional Si Kecil adalah kemampuan anak untuk sepenuhnya mengelola dan mengekspresikan emosi baik positif maupun negatif. Si Kecil juga dapat belajar secara aktif dengan berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa di sekitar mereka dan menjelajahi lingkungan mereka. Dengan kemampuan sosial dan emosional yang baik anak dapat mudah berinteraksi dan bekerjasama dengan teman sebaya. Mereka juga dapat belajar mengelola emosi agar bisa beradaptasi di lingkungan sekolah.

Kelima, kemampuan membaca.
Walaupun belum lancar, biasakan Si Kecil membaca sejak dini, misalnya dengan kegiatan "reading aloud" di mana orangtua membacakan cerita untuk Si Kecil. Ini bisa menjadi stimulasi minat baca dan persiapan mereka belajar membaca nanti.
Nah, itu dia beberapa kemampuan penting yang harus dipersiapkan sebelum Si Kecil masuk sekolah. Pastikan Si Kecil kita siap secara fisik, mental, dan psikis ya Ma. Semangat!