5 Aktivitas Yang Menstimulasi Si Kecil
24 July 2020
Memasuki usia 6-12 bulan, perlahan Si Kecil beranjak besar ya, Ma. Di usia ini sangat penting sekali untuk mempertimbangkan kegiatan-kegiatan yang bukan hanya seru namun juga bermanfaat untuk perkembangan Si Kecil. Di usia 6-12 bulan boleh dibilang, perkembangan otak dan daya tangkap Si Kecil sedang pesat-pesatnya. Jadi, pastikan mama melakukan 5 kegiatan berikut yang bisa menstimulasi perkembangannya.

1. Berbicara
Suara yang paling indah bagi Si Kecil adalah suara mama dan papa. Suara itu adalah suara yang telah dikenalnya sejak Ia masih di dalam kandungan. Jadi pastikan mama berbicara sesering mungkin dengan Si Kecil ya, Ma. Perhatikan suara-suara yang dikeluarkan Si Kecil sebagai bentuk komunikasi dan coba untuk meresponnya. Ini akan mempercepat kemampuan bahasa dan komunikasi Si Kecil.

2. Bermain
Walaupun masih berusia 6-12 bulan, namun banyak sekali ragam permainan seru yang bisa dilakukan bersama Si Kecil lho, Ma. Seperti main petak kumpet secara sederhana, bermain menirukan suara dan tentu saja bermain di luar rumah. Dan yang paling penting, permainan-permainan ini bukan hanya seru  namun juga bermanfaat untuk perkembangan Si Kecil khususnya memberikan rasa aman dalam dirinya.

3. Membaca
Aktivitas sederhana ini bisa berupa melihat gambar-gambar berdua dengan Si Kecil lalu menceritakan tentang gambar tersebut. Coba pilih buku-buku dengan cerita yang seru lalu bacakan pada saat Si kecil hendak tidur. Aktivitas ini akan membantu perkembangan daya tangkap dan kemampuan kosakatanya lho, Ma.

4. Bergerak
Di usia 6-12 bulan, pergerakan Si Kecil mulai bervariasi ya, Ma. Si Kecil bisa melakukan gerakan yang lebih banyak. Di momen ini mungkin mama merasa khawatir dengan keselamatan Si Kecil. Namun apabila pergerakan dilakukan dengan hati-hati dan penuh perhitungan, ini bisa membantu perkembangan Si Kecil khususnya tentang kekuatan otot-otot motoriknya lho, Ma.

5. Mencoba Makanan
Salah satu kesenangan yang menyangkut Si Kecil di umur 6-12 bulan adalah Si Kecil sudah bisa mencoba makanan padat selain ASI ya, Ma. Nah, manfaatkan hal ini untuk memberikan Si Kecil berbagai variasi makanan yang berbeda-beda. Pastikan Si Kecil mencoba berbagai macam makanan yang berbeda dari segi tekstur dan rasa agar kedepannya Si Kecil tidak pemilih dalam hal makanan,