Rutinitas Si Kecil Di Umur 3-6 Bulan
17 July 2020
Rutinitas ternyata bukan hanya penting untuk orang dewasa seperti mama dan papa, lho. Bayi pun harus mempunyai rutinitas setiap harinya. Rutinitas ini diperlukan agar kesehariannya berjalan dengan lancar dan teratur. Pada waktu Si Kecil baru aja lahir mungkin rutinitasnya masih acak dan tidak terjadwal, namun seiring dengan berjalannya waktu dan Si Kecil semakin besar, rutinitasnya sudah mulai terbentuk dan kita pun sebagai orang tua menjadi lebih mudah dalam mengatur keseharian kita. Kira-kira, apa ya rutinitas Si Kecil di umur 3-6 bulan ini?

1. Porsi “Makan” yang Lebih Besar
Di umur 3-6 bulan, perut Si Kecil dan pencernaannya mulai membesar dan mampu menampung lebih banyak ASI setiap kali ia menyusu. Untuk Si Kecil yang ASI biasanya pencernaannya mampu menampung ASI hingga 180 ml. Memasuki umur 6 bulan, bersiap-siap untuk memberikan Makanan Pendamping ASI juga ya, Ma. Rutinitas baru ini juga akan menjadi milestone tersendiri yang berguna untuk perkembangan otak dan fisik Si Kecil.

2. Tidur yang Lebih Teratur
Di umur 3-6 bulan saatnya mengenalkan Si Kecil aktivitas tidur yang lebih teratur layaknya orang dewasa, Ma. Bisa dimulai dengan tidur siang di waktu dan tempat yang sama setiap harinya. Rutinitas ini akan membentuk kebiasaan yang membawa dampak baik bagi Si Kecil, misalnya rasa aman dan nyaman karena jadwal yang lebih teratur.

3. Jalan-Jalan
Jalan-jalan di sini maksudnya bukan travelling yang jauh ya, Ma. Namun lebih ke rutinitas jalan yang bisa dilakukan setiap harinya. Contoh paling sederhana adalah jalan-jalan pagi di sekitar rumah sambil berjemur di bawah sinar matahari pagi. Kalau misalnya di sekitar rumah ada taman, itu lebih baik lagi karena selain bisa menghirup udara segar, mama bisa membuat semacam piknik kecil bersama dengan Si Kecil.

4. Ajak Berbicara
Betul, memang Si Kecil belum bisa berbicara di umur 3-6 bulan ini. Namun sangat penting sekali untuk mama berbicara dengan Si Kecil. Kenalkan Si Kecil dengan kata dan bahasa melalui berbagai macam cara mulai dari berbicara, bernyanyi, membacakan buku atau menirukan suaranya. Saat Si kecil terpapar dengan suara dan bahasa itu akan turut mengembangkan kecerdasan komunikasinya.

5. Pijat Badan
Ini adalah rutinitas yang akan sangat disukai oleh Si Kecil. Aktivitas memijat selain membuat nyaman dan rileks untuk Si Kecil, namun juga bisa membantu membuat ikatan yang kuat antara mama dan Si Kecil. Lakukan saja setiap hari, Ma. Mungkin secara durasi tidak usah terlalu lama, misalnya 5 menit setiap habis mandi, pasti Si Kecil akan merasa senang sekali.