5 Kejutan Dari Si Kecil Umur 3 Bulan
10 July 2020
Namanya punya bayi, pasti salah satu yang ditunggu-tunggu adalah Milestone dari Si Kecil ya, Ma. Apalagi di umur 0-3 bulan, pasti banyak banget kejutan-kejutan yang diperlihatkan oleh Si Kecil. Mungkin ada yang belum tahu, apa sih yang disebut dengan Milestone itu? Milestone adalah momen-momen penting yang berhubungan dengan perkembangan Si Kecil, Ma. Dan berikut adalah 5 Milestone yang bisa mama harapkan untuk Si Kecil umur 0-3 bulan. Namun perlu diingat, bukan berarti ini menjadi patokan ya, Ma. Setiap bayi pasti punya perkembangan yang berbeda.

1. Mengangkat Kepala
Jangan kaget kalau Si Kecil sedang tengkurap tiba-tiba Si Kecil mengangkat kepalanya ya, Ma. Ini merupakan salah satu Milestone yang bisa mama tunggu dari Si Kecil. Milestone ini penting sekali karena membuktikan perkembangan otot di beberapa organ Si Kecil seperti otot leher, otot lengan dan otot dada. Yup, Si Kecil sekarang sudah semakin kuat lho, Ma. Buat Si Kecil yang belum bisa mengangkat leher, jangan khawatir Ma. Mungkin bisa diperbanyak bermain sambil tengkurap untuk memancing perkembangannya.

2. Pertama Kali Senyum
Ini akan menjadi momen paling indah untuk Mama, Papa dan seluruh keluarga ya, Ma. Pada saat Si Kecil senyum untuk pertama kalinya. Mungkin banyak juga yang bilang, senyuman Si Kecil di umur 0-3 bulan adalah reaksi tubuh dan bukan ekspresi kegembiraan layaknya orang dewasa. Tapi tetap saja, itu adalah sebuah milestone untuk Si Kecil juga. Jadi, selalu persiapkan kamera mama untuk menangkap momen milestone yang paling istimewa ini ya, Ma.

3. Si Kecil “Berbicara”
Maksudnya berbicara bukannya Si Kecil langsung ngomong dengan lancar ya, Ma. Kalau itu sih masih harus menunggu beberapa tahun lagi. Di umur 0-3 bulan ekspresi verbal Si Kecil adalah berbentuk suara yang keluar dari mulut Si Kecil. Mungkin sekilas itu adalah bentuk ocehan tanpa makna. Namun sebenarnya itu adalah salah satu bentuk komunikasi Si Kecil juga. Dan ke depannya, bahasa ini akan berkembang menjadi lebih jelas. Dan jangan lupa juga, setiap Si Kecil “berbicara” coba ditanggapi juga ya, Ma.

4. Tertawa
Setelah senyum, lalu mengoceh, kejutan selanjutnya yang bisa ditunggu dari Si Kecil adalah pertama kali Si Kecil tertawa. Percayalah, Ma ini akan jadi milestone terindah yang tidak bisa mama lupakan. Dan skill tertawa ini membuktikan perkembangan Si Kecil dimana Ia sudah bisa mencerna informasi dan bereaksi dengan ekspresi. Jadi, mulai sekarang sebaiknya mama dan papa mulai latihan untuk membuat ekspresi-ekspresi lucu atau bercanda untuk memancing tawa Si Kecil.

5. Berguling
Ini adalah salah satu skill dan milestone Si Kecil lho, Ma. Setelah otot lengan dan leher Si Kecil sudah kuat dan mampu mengangkat badannya, Ia pasti akan berguling. Dan saat itu terjadi untuk pertama kalinya, Si Kecil akan sama terkejutnya dengan mama dan papa. Skill berguling ini menunjukkan bahwa refleks dari Si Kecil telah berkembang dengan baik.