5 Tips Sebelum Memasuki Masa Menyusui
10 July 2020
Buat calon mama yang mungkin sedang melihat artikel ini dan mencari informasi tentang menyusui, mama datang ke tempat yang tepat. Mungkin mama sekarang lagi deg-degan antara senang dan khawatir soal bagaimana cara menyusui Si Kecil yang baik dan benar. Sebenarnya ada hal-hal yang bisa mama lakukan sebagai tindakan untuk bersiap-siap dalam proses menyusui nanti lho, Ma. Ini 5 tipsnya.

1. Konsultasi dengan Ahlinya
Ini yang paling penting, Ma. Coba jadwalkan waktu khusus dengan dokter laktasi untuk bertanya apa pun soal proses menyusui. Dengan bertanya kepada ahlinya mama jadi tahu apa yang harus mama lakukan dan meredakan kekhawatiran mama. Pastikan pada saat konsultasi mama bertanya dan menggali informasi sebanyak-banyaknya ya, Ma.

2. Lihat Contohnya
Mungkin mama belum pernah ada gambaran sama sekali bagaimana sih proses menyusui itu. Salah satu caranya ya melihat dengan langsung, Ma. Mungkin mama punya saudara, teman atau kenalan yang sedang menjalankan proses menyusui bayinya. Mama bisa meminta izin untuk melihat dan berkonsultasi secara langsung. Dengan mendengarkan pengalaman langsung mama bisa tahu apa saja kendala-kendalanya dan bagaimana mengatasinya.

3. Persiapkan Tempatnya
Sebelum Si Kecil hadir dan tiba di rumah, persiapkan ruang khusus dimana mama bisa menyusui Si Kecil dengan nyaman. Dan ruang khusus ini tidak perlu kamar yang besar lho, Ma. Bahkan sebuah kursi atau sofa yang nyaman lengkap dengan bantal menyusui, cemilan dan buku itu sudah cukup untuk membuat ruang yang nyaman dimana mama bisa bonding dengan Si Kecil pada saat menyusui.

4. Minta Ke Rumah Sakit Apa Mama Inginkan
Ini sebenarnya proses saat Si Kecil baru hadir di dunia ini. Setiap rumah sakit pasti punya kebijakan yang berbeda soal penempatan Si Kecil yang baru lahir. Bisa jadi Si Kecil ditempatkan di ruang bayi khusus dengan bayi-bayi lain, namun beberapa Rumah Sakit menerapkan sistem Room-In dimana Si Kecil akan terus bersama-sama mama. Coba tanya saja, Ma. Apakah Si Kecil boleh satu kamar dengan mama agar proses menyusui lebih nyaman dan bonding mama dengan Si Kecil bisa dimulai secepatnya.

5. Coba Menyusui Secepat Mungkin Setelah Lahir
Setelah Si Kecil lahir, usahakan untuk coba menyusui secepat mungkin ya, Ma. Usahakan maksimal sejam setelah persalinan, lebih cepat lebih baik. Walaupun hanya sedikit ASI yang keluar, tapi itu tidak apa-apa, mudah-mudahan selanjutnya bisa lebih banyak lagi. Lagipula, Si Kecil umur 1 atau 2 hari ukuran lambungnya masih sangat kecil. Jadi, sedikit ASI pun sudah cukup.