Jadikan Baca Buku Sebagai Kegiatan Utama. Ini 5 Manfaatnya!
26 June 2020
Memasuki usia 12 bulan ke atas, Si Kecil memang tambah menyenangkan ya, Ma. Mungkin karena sekarang Si Kecil bisa diajak untuk beraktivitas yang lumayan seru. Salah satunya adalah membaca buku bersama-sama. Ini adalah kegiatan yang patut ditanamkan sejak kecil lho, Ma. Setidaknya ada 5 manfaat kenapa membaca buku sangat penting sebagai bagian dari proses perkembangan Si Kecil.

1. Memperbanyak Kosakata
Bahasa adalah hal yang tidak terpisahkan dari proses perkembangan manusia. Dengan membacakan buku kepada si kecil kita akan memaparkan sebuah bahasa yang pada akhirnya akan memperbanyak kosakata Si Kecil. Setiap buku akan memperkenalkan kosa kata baru dan konteks kosa kata tersebut dalam sebuah cerita. Dengan bertambahnya kosakata, Si Kecil akan lebih percaya diri dalam berkomunikasi.

2. Memperluas Imajinasi
Di proses pertumbuhan sel otak Si Kecil sedang berkembang dengan pesat. Ini kenapa biasanya anak kecil penuh dengan imajinasi. Dengan membacakan buku, apalagi yang bertema fantasi dan petualangan, Si Kecil akan mempunyai konsentrasi penuh mendengarkan setiap kata untuk membangkitkan imajinasi di otaknya. Dan berimajinasi ini juga merupakan salah satu skill kreatif yang akan diperlukan di masa dewasanya.

3. Mengenalkan Konsep Moralitas
Buku anak terkenal dengan sarat akan nilai moral. Ada yang baik, ada yang buruk. Dengan membacakan buku tersebut, kita akan mengenalkan nilai-nilai tersebut secara efektif pada Si Kecil. Kancil mencuri ketimun berbicara tentang kejujuran. Malin kundang adalah tentang bakti kepada orangtua.

4.Membangun Koneksi yang Kuat
Membaca buku adalah momen intim antara mama dan Si Kecil. Pada saat membaca buku, hubungan personal akan terjalin lebih erat karena minimnya distraksi dari lingkungan sekitar. Apalagi kalau buku yang dibaca sangat seru dan bisa dinikmati secara bersama-sama.

5. Kegiatan yang Seru!
Salah satu hal yang terlupakan saat kita menjadi dewasa adalah lupa betapa serunya dunia anak-anak. Dengan rutin membacakan buku cerita untuk Si kecil, mama dan papa pun diingatkan kembali betapa menyenangkan dan serunya dunia anak-anak. Ditambah lagi, aktivitas ini dapat menjadi bonding time antara orangtua dan anak-anak.