5 Hal Kenapa Si Kecil Menangis dan Cara Atasinya!
12 June 2020
Di umur 3-6 bulan, pastinya Si Kecil masih sangat bergantung pada mama ya. Mama yang bisa memberikan makanan, kehangatan dan kenyamanan yang dia butuhkan. Pada saat Si Kecil menangis, itu adalah caranya untuk berkomunikasi meminta perhatian mama atau pun hal yang Ia butuhkan. Masalahnya, ada banyak sekali alasan yang menyebabkan Si Kecil menangis. Berikut adalah 5 yang umum di antaranya.

1. Lapar
Si Kecil Lapar adalah alasan paling umum kenapa Si Kecil menangis. Makan adalah kebutuhan utama setiap manusia. Begitu pula dengan Si Kecil. Walaupun Si Kecil hanya mengandalkan ASI sebagai makanan utama, namun lambung Si Kecil yang masih belum berkembang menyebabkan cepat terisi dan Ia pun sering lapar. Tips untuk mengatasi ini adalah, berikan ASI kepada Si Kecil dengan frekuensi sesering mungkin, bahkan sebelum Ia lapar.

2. Butuh Digendong
Di umur 3-6 bulan, Si Kecil butuh banyak sentuhan fisik dari mama yang akan memberikan kenyamanan pada dirinya. Jadi, pada saat dia menangis, salah satu alasannya mungkin saja Ia cuma butuh sentuhan fisik dari mama. Jadi, tidak ada salahnya kalau mama menggendongnya atau sekedar memegang dan meletakkan Si Kecil di dada mama. Si Kecil sangat suka mendengarkan detak jantung mama dan kehangatan kulit mama.

3.Lelah
Ada kalanya Si Kecil terlalu lelah sehingga kesulitan untuk beristirahat dan tidur. Saat ini terjadi biasanya Si Kecil akan menangis karena kelelahan. Di umur 3-6 bulan memang jadwal tidur Si Kecil belum bisa diprediksi, oleh karena itu sebisa mungkin mama selalu memberikannya kondisi yang ternyaman untuk Si Kecil dapat beristirahat. Jangan terlalu menstimulasi Si Kecil pada siang hari, dan buat suasana tenang pada malam hari sebelum Ia tidur.

4. Suhu Ekstrim
Si Kecil dengan umur 3-6 bulan butuh suhu yang pas agar merasa nyaman. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat Si Kecil tidak nyaman dan akhirnya menangis. Untuk mengecek suhu tubuh Si Kecil, coba cek dengan cara menyentuh perut dan di belakang lehernya. Saat Si Kecil kedinginan dan menangis, mama bisa langsung melakukan sesuatu untuk mengatasinya seperti memberikan pakaian yang lebih tebal atau selimut yang lebih hangat.

5. Popok Penuh
Salah satu hal yang mengganggu kenyamanan Si Kecil dan membuatnya menangis adalah popok yang sudah penuh dan basah. Penting sekali untuk menjaga popok Si Kecil agar tetap kering. Oleh karena itu selalu gunakan popok dengan bahan yang nyaman dan fitur-fitur canggih yang membuatnya tetap kering dan nyaman seperti popok Goon.