Ide Bermain dengan Si Kecil Umur 0-3 Bulan
05 June 2020
Sebagai mama baru, perasaan senang pasti bercampur dengan perasaan yang lelah. Di satu sisi, pasti mama senang sekali dengan kehadiran Si Kecil yang lucu, namun di sisi lain aktivitas untuk mengurus Si Kecil pasti sangat melelahkan. Oleh karena itu, bermain dengan Si Kecil adalah cara untuk menghapus lelah tersebut. Mama mungkin bingung, main apa ya dengan bayi umur 0-3 bulan. Nah, berikut adalah beberapa ide bermain dengan Si Kecil ya, Ma.

1. Facetime
Ini bukan facetime lewat handphone lho, Ma. Facetime di sini sangat sederhana, yaitu bertatap muka dengan Si Kecil. Lho memang bertatap muka bisa jadi sebuah permainan? Bisa dong, Ma. Wajah adalah objek yang paling senang dilihat oleh mata Si Kecil dibanding objek lainnya. Dan wajah yang familiar untuk Si kecil adalah wajah mama dan papa. Jadi sempatkan untuk “Facetime” dengan Si Kecil ya, Ma. Caranya bisa dengan bermain ekspresi dengan Si Kecil, dan coba lihat tanggapan Si Kecil. Pasti lucu deh, Ma.

2. Ngobrol
Lho kok ngobrol? Memang Si Kecil sudah bisa berbicara? Memang belum, Ma. Berbicara adalah salah satu bentuk komunikasi, dan komunikasi itu bisa berbentuk verbal dan non verbal. Pada saat mama berbicara dengan Si Kecil, Si Kecil bisa mengerti dan menjawabnya dengan bahasa non verbal berbentuk ekspresi, ini juga bentuk permainan lho, Ma. Jadi, coba mulai berbicara kepada Si Kecil tentang apa saja ya, Ma. Mulai dari kejadian hari ini, apa yang mama rasakan dan lain-lain.

3. Tirukan Ekspresi
Bayi umur 0-3 bulan itu punya banyak ekspresi lho, Ma. Mulai dari ekspresi raut wajah, suara sampai gerakan. Salah satu ide permaian dengan Si Kecil adalah tirukan ekspresinya. Saat Si Kecil tertawa, coba deh mama ikut tertawa. Begitu pula saat Si Kecil mengeluarkan suara. Dan perhatikan ekspresi lanjutan dari Si Kecil saat mama menirukan ekspresinya. Pasti tambah seru deh, Ma.

4. Bernyanyi dengan Gerakan
Bernyanyi bersama Si Kecil saja sudah merupakan suatu kegiatan yang seru. Coba ditambah dengan gerakan deh, Ma. Pasti lebih seru. Saat mama bernyanyi, coba gerakkan bagian tubuh Si Kecil seperti kaki, tangan dan perut. Jangan lupa sesuaikan dengan tema dan irama lagu ya. Pasti jadi sebuah permainan yang seru deh, Ma.

5. Bermain Di Lantai
Walaupun Si Kecil sementara ini hanya bisa berbaring di lantai, tapi bukan berarti Mama dan Papa tidak bisa bersenang-senang dengan Si Kecil lho, Ma. Menirukan gerakan Si Kecil saat berbaring atau tengkurap itu juga bisa menyemangati Si Kecil sekaligus melatih saraf motoriknya lho, Ma.