Daftar Keterampilan Si Kecil Umur 12 Bulan
25 May 2020
Memasuki usia 12 bulan, pastinya sudah banyak hal yang bisa dilakukan Si Kecil ya, Ma. Ini membuat mama dan papa semakin bangga dengan Si Kecil. Berikut adalah 5 keterampilan yang dimiliki Si Kecil saat Ia memasuki usia 12 bulan. Namun jangan salah ya, Ma apabila Si Kecil belum bisa melakukan hal ini, bukan berarti ada yang salah dengan Si Kecil karena perkembangan setiap anak pasti akan berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya bisa didiskusikan dengan dokter Si Kecil.

1. Duduk
Jangan kaget kalau tiba-tiba Si Kecil bangun dari posisinya lalu duduk. Memasuki usia 12 bulan, memang saatnya Si Kecil menikmati dunianya dengan posisi tegak. Posisi duduk ini akan dilanjutkan dengan keterampilan memutar badannya untuk bergerak. Lucu ya, Ma.

2. Berdiri.
Beberapa bayi sudah bisa berdiri tanpa bantuan lho, Ma. Mungkin tidak dalam durasi yang lama dan setelah itu kembali duduk lagi. Tapi, tidak apa-apa, Ma. Ini merupakan salah satu Milestone Si Kecil. Tetap pantau terus dan beri semangat kepada Si Kecil ya, Ma.

3. Berjalan
1 dari 4 bayi sudah bisa berjalan pada saat memasuki usia 12 Bulan. Tapi kalau Si Kecil belum bisa melakukan keterampilan ini, mama tidak usah khawatir karena jangka waktu perkembangan keterampilan berjalan ini cukup luas antara 9 bulan hingga 17 bulan. Jadi, tunggu saja dan nikmati momen-momen perkembangan Si Kecil ya, Ma.

4. Berbicara
Jangan langsung membayangkan Si Kecil bicara kata-kata yang rumit ya, Ma. Kata-kata seperti “Mama” atau “Papa” pasti sudah rutin keluar dari bibirnya. Memasuki umur 12 bulan, kemungkinan besar akan bertambah satu kosa kata lagi. Coba perhatikan terus bentuk komunikasi verbal dari Si Kecil, Ma.

5. Bahasa Gerak
Saat mama menunjuk ke suatu arah pasti Si Kecil bisa mengikutinya. Ini juga merupakan keterampilan yang dimiliki Si Kecil di usia 12 bulan. Memahami bahasa non verbal atau bahasa gerak juga bagian dari berkomunikasi dan harus dilatih sesering mungkin sebagaimana bahasa verbal.