pH Tidak Seimbang dan 4 Masalah Kulit Si Kecil Lainnya!
11 May 2020
Ternyata masalah kulit Si Kecil cukup pelik dan rumit juga ya, Ma. Ini dikarenakan kulit Si Kecil yang masih baru sehingga cukup rapuh dan juga sensitif. Memang butuh perhatian khusus dalam menangani kesehatan kulit Si Kecil, salah satunya dengan mengenali berbagai masalah kulit yang bisa terjadi pada Si Kecil. Berikut adalah 5 di antaranya ya, Ma.

1. Ruam Popok
Ini bisa terjadi saat kulit Si Kecil yang sangat sensitif bergesekan dengan popok. Faktor besar yang mempengaruhi hal ini tentu saja bahan dasar popok yang tidak cocok dengan kulit Si Kecil. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memantau popok Si Kecil secara berkala, atau mama bisa memilih popok Goon dengan teknologi Gentle Soft (3D Dot Emboss) dengan lapisan yang sangat lembut dan dapat mencegah masalah ruam popok.

2.  Risiko Melanoma dan Kanker
Kelihatannya menyeramkan ya, Ma. Tapi ini risiko dan potensi yang bisa terjadi apabila mama tidak hati-hati. Ini berhubungan dengan paparan sinar matahari pada saat berjemur. Aktivitas ini pasti jadi rutinitas mama dan Si Kecil ya. Walaupun berjemur juga bisa bermanfaat untuk asupan vitamin D bagi Si Kecil, namun tetap ada risiko berbahaya apabila tidak dilakukan secara benar lho, Ma. Pastikan Si Kecil tetap terlindungi selama berjemur misalnya dengan memakai lengan panjang dan mengoleskan krim tabir surya.

3. Kulit Kering
Kulit kering adalah masalah yang umum terjadi pada orang dewasa. Namun, tahukah mama kalau Si Kecil pun bisa mengalami hal ini. Penyebabnya, selain dari kulit Si Kecil yang cukup sensitif, bisa jadi karena pengaruh sirkulasi udara seperti penggunaan AC yang terlalu berlebihan atau menggunakan sabun yang tidak cocok pada saat mandi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memberikan pelembab pada kulit Si Kecil agar kelembapannya dapat terjaga selalu.

4. Eksim
Layaknya orang dewasa, eksim atau dermatitis bisa juga menyerang Si Kecil lho, Ma. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Misalnya iritasi atau alergi. langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi ini antara lain: selalu jaga kebersihan kulit Si Kecil dari sisa susu agar mencegah terjadinya eksim susu. Pastikan suhu ruangan terjaga dan tetap sejuk agar Si Kecil tidak gampang berkeringat dan memicu munculnya eksim atau dermatitis ini ya, Ma.

5. pH yang Tidak Seimbang
Nah, masalah ini biasanya kurang disadari oleh mama karena mama menyangka hanya orang dewasa yang mempunya masalah pH tidak seimbang. Ternyata, Si Kecil juga bisa mengalaminya lho, Ma. Ini dikarenakan kulit bayi yang alaminya bersifat asam dengan kadar pH 6.3 hingga 7.5. Ini bisa memicu berbagai masalah kulit Si Kecil lho, Ma. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memakai popok Goon yang dilengkapi dengan pH control layer di lapisan atas yang berguna untuk menyeimbangkan kadar pH Si Kecil.