5 Fakta Tentang pH dan Si Kecil Yang Harus Mama Ketahui
03 May 2020
Mama tahu tentang pH? Mungkin mama sering mendengar istilah ini di dunia kesehatan atau hal-hal yang berhubungan dengan perawatan tubuh. Namun, apa sih yang dimaksud dengan pH dan yang lebih penting, apa hubungannya dengan perawatan tubuh Si Kecil. Berikut 5 fakta menariknya ya, Ma.

1. Kadar pH bisa turun naik
pH merupakan kependekan dari potential hydrogen atau hidrogen potensial yang menunjukkan seberapa asam atau basa keadaan suatu zat. Saat nilai pH suatu zat rendah berarti zat tersebut bersifat asam dan pada saat tinggi, Ia akan bersifat basa. Nilai pH berkisar antara 0-14 dengan asam di titik terendah dan basa di titik tertinggi. Nah pH ini kadarnya bisa turun naik lho, Ma tergantung kondisi mana yang lebih dominan dan sangat penting untuk menjaga keseimbangan pH agar kesehatan tetap terjaga.

2.Bukan Kulit yang Memiliki pH
Nah ini fakta baru yang mungkin baru mama ketahui. Pasti mama sering lihat di iklan produk kecantikan atau perawatan tentang pentingnya merawat pH kulit. Tapi tahu kah mama kalau ternyata bukan kulit yang memiliki pH tapi keringat dan kelenjar lah yang memberi sifat asam pada kulit dan menurunkan kadar pH. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga pH kulit agar tetap seimbang agar mama terhindar dari masalah-masalah kulit.

3. Kulit Si Kecil Lebih Asam
Mama tahu tidak, kadar pH kulit bayi yang ideal itu ada di kisaran 5.5. Ini adalah nilai yang lebih rendah dari pH air yang paling seimbang yaitu 7. Oleh karena itu, kulit Si Kecil lebih bersifat asam. Ini bagus karena kulit yang lebih asam diperlukan untuk melawan bakteri dan jamur yang membahayakan kesehatan Si Kecil. Jadi selalu pertahankan kondisi kulit Si Kecil yang seperti ini agar Ia tetap sehat dan terawat ya, Ma

4. Air Pipis Membahayakan Kulit Si Kecil
Kalau kulit Si Kecil bersifat asam karena kadar pH yang lebih rendah dari air, lain halnya lagi dengan air pipis Si Kecil. Saat Si Kecil pipis, cairan pipis ini bersifat basa. Nah, pada saat ini bersentuhan dengan kulit bayi yang tipis dan bersifat asam, ini akan menimbulkan beberapa masalah kulit pada Si Kecil seperti iritasi, ruam dan eksim. Oleh karena itu, pintar-pintar dalam memilih popok ya, Ma.

5. Popok Goon Menjaga Keseimbangan pH
Setelah mama tahu fakta tentang pH dan pentingnya menjaga keseimbangan asam dan basa pada tubuh Si Kecil, tidak perlu khawatir lagi soal popok ya, Ma. Popok Goon dilengkapi dengan lapisan pengontrol pH dan formula khusus pada lapisan atas yang dapat menyeimbangkan kadar pH pada kulit Si Kecil. Jadi, tidak perlu lagi khawatir Si Kecil akan bermasalah pada kulit seperti ruam atau iritasi karena terlindungi oleh popok Goon.