Kadar pH Tubuh Tidak Seimbang? Waspada 5 Hal ini!
28 April 2020
Mama tahu tentang pH tidak, Ma? pH adalah skala untuk mengukur tingkat keasaman dan basa dari suatu zat dengan skala yang paling seimbang adalah di angka 7. Ini berarti pH-nya seimbang, dalam arti tidak terlalu asam dan tidak terlalu basa.

Lho, memang apa yang terjadi pada saat tubuh mengalami kondisi pH yang tidak seimbang? Kemungkinan mama akan menemui 5 masalah kesehatan ini.

1. Susah Tidur
Problem susah tidur alias imsomnia sering dialami oleh banyak orang. Apakah mama salah satunya? Selain dari banyak faktor penyebabnya, tapi bisa jadi pH yang tidak seimbang adalah penyebabnya. Bila kadar asam dalam tubuh terlalu tinggi dan menyebabkan pH tidak seimbang tubuh akan kesulitan menyerap kalsium dan magnesium yang berperan besar dalam proses pembentukan pola tidur.

2. Rentan Cedera
Ini juga salah satu resiko yang bisa terjadi saat tubuh kehilangan keseimbangan pH. Karena kadar kalsium yang menurun akibat tubuh terlalu asam, menyebabkan kekuatan tulang menjadi lemah yang berujung pada rentan jatuh saat bergerak dan mengakibatkan cidera. Saat ini terjadi, coba perbanyak nutrisi yang kaya akan kalsium untuk mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

3. Pencernaan Terganggu
Makanan adalah hal yang terpenting untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Apa yang kita makan akan berpengaruh dengan kadar asam dan basa di dalam tubuh kita. Beberapa makanan dengan kadar asam seperti, bawang, jeruk dan lain-lain dapat memicu naiknya asam di dalam tubuh dan menyebabkan gangguan pencernaan. Kalau ini sudah terjadi, aktivitas kita pun dapat terganggu. Jadi, pastikan mama selalu mengonsumsi nutrisi yang seimbang ya.

4. Gigi Terasa Sensitif dan Ngilu
Kalau mama merasa ngilu pada saat mengonsumsi makanan, penyebabnya bisa jadi gigi yang sensitif. Namun, tahukah mama kalau gigi yang sensitif adalah salah satu indikasi pH di dalam tubuh yang tidak seimbang. Ini bisa dipicu salah satunya akibat sering mengonsumsi minuman dingin yang asam atau pun dengan kadar soda yang tinggi. Jadi, hati-hati dan selalu perhatikan apa yang kita makan dan minum ya, Ma

5. Lemas dan Tidak Bersemangat
Coba perhatikan deh, Ma. Pasti mama pernah mengalami keadaan dimana dalam satu hari, Mama terasa lemas dan tidak bersemangat, padahal tidak dalam keadaan sakit. Ini bisa disebabkan kondisi asam yang terlalu tinggi dalam tubuh. Pada saat ini terjadi, mineral dan zat gizi yang seharusnya terserap dalam tubuh dan menimbulkan energi, jadi terhambat prosesnya. Coba seimbangkan kadar pH dengan mengonsumsi banyak buah-buahan serta berbagai macam sayuran.