5 Fakta Kondisi Sosial dan Emosional Si Kecil
28 April 2020
Wah akhirnya Si Kecil memasuki rentang usia 3-6 bulan ya, Ma. Seiring dengan bertambahnya usia, selain perkembangan fisik Si Kecil yang mulai terlihat, ternyata dibarengi juga dengan perkembangan kondisi emosional serta sosialisasi lho, Ma. Berikut adalah 5 fakta yang harus Mama ketahui menyangkut hal tersebut.

1. Belum Mengenali antara Mama dan Papa
Di usia 3-6 bulan, Si Kecil telah sadar dengan sekelilingnya, termasuk lingkungan sehari-harinya dan orang-orang terdekatnya. Ia akan tahu siapa-siapa saja orang yang bisa Ia “percayai” untuk memenuhi kebutuhannya. Simplenya, Ia tahu mana orangtuanya. Tapi yang menarik adalah, Ia belum mengenali secara utuh perbedaan mana Papa dan mana Mama dan berpikir bahwa mama dan papa adalah orang yang sama. Namun yang pasti, Ia sudah mengetahui kalau Mama dan Papa adalah orang yang peduli dan sayang terhadap dirinya.

2. Si Kecil Sudah Bisa Merasa Aman
Mungkin Mama dan Papa merasa Si Kecil masih terlalu dini untuk mempunyai perasaan tertentu. Namun, faktanya adalah Si Kecil sudah bisa lho merasakan kenyamanan dan perasaan aman. Salah satunya adalah pada saat Mama atau papa mengerti apa yang Ia inginkan dan selalu memenuhi kebutuhannya. Dengan begitu, Ia mengerti bahwa ada seseorang yang dapat diandalkan dan membuat Ia merasa aman.

3. Mulai Meluaskan Kehidupan Sosialnya
Salah satu hal yang membuat Papa dan Mama senang adalah pada saat Si Kecil tersenyum dan tertawa. Dan Si Kecil pun tahu akan hal itu. Saat mama dan papa merasa senang, Si Kecil menganggap itu adalah reward yang diberikan untuknya. Dan cara itu lah yang digunakan untuk mendaptkan reward di lingkungan yang lebih besar. Di tahap ini, selain tersenyum dengan mama dan papa, Ia akan mulai berani untuk tersenyum dan becanda dengan pihak lain seperti, kakek-nenek, om-tante, dan saudara-saudaranya.

4. Merespon Pembicaraan dengan Ekspresi Fisik
Mama dan Papa sering “berbicara” dengan Si Kecil? Kalau belum, mungkin sebaiknya harus mulai dilakukan sesering mungkin. Pada saat mama berbicara dengan Si Kecil dan Ia merasa tertarik, Ia akan mulai menggerakkan tangan berupa lambaian atau menendang-nendang kaki kecilnya. Itu adalah tanda bahwa Ia sangat tertarik dengan pembicaraan Mama atau Papa.

5. Terganggu Dengan Banyaknya Stimulus
Di usia 3-6 bulan, walaupun Si Kecil sudah merasa nyaman berinteraksi dan bersosialisasi, namun harus tetap hati-hati juga agar jangan terlalu banyak memberikan stimulus terhadapnya ya, Ma, karena ini akan membuatnya terganggu dan malah membuatnya tidak nyaman lalu menangis. Pada saat bercanda atau bermain, lakukan saja secukupnya. Jangan juga terlalu lama hingga akhirnya Ia bosan dan malah berbalik menjadi cranky.