Si Kecil Sudah 3 Bulan? Ini 5 Tips Berguna Untuk Mama
10 April 2020
Memasuki umur 3 bulan pasti ada perasaan lega dalam diri mama. Tangisan Si Kecil tidak sesering biasanya, Si Kecil mulai bisa berkomunikasi secara non-verbal dan mama pun mengerti apa keinginannya. Ekspresi-ekspresi Si Kecil pun mulai bermunculan dengan bermacam-macam variasinya. Berikut adalah 5 tips tambahan yang mungkin berguna untuk Mama dalam merawat Si Kecil.

1. Buat Catatan Kecil Kapan Si Kecil Lapar Atau Mengantuk
Di umur 3 bulan ini, Si Kecil mulai punya keinginan untuk “meminta” makan atau berisitirahat. Di sini lah peran menangis sebagai alat komunikasi Si Kecil kepada mama. Namun kadang menangis bukan berarti lapar atau lelah, bisa jadi Ia hanya crancky dan mencoba mencari perhatian mama. Membuat catatan kecil, dalam sehari, jam-jam berapa Si Kecil mulai menangis karena lapar atau lelah, bisa membantu untuk mengerti apa yang Si Kecil sebenarnya inginkan.

2. Keselamatan Si Kecil adalah Yang Utama
Di umur 3 bulan, SI Kecil mulai bisa menggerakkan tangan dan kakinya, namun Ia belum bisa mengontrolnya secara sempurna. Yang terjadi adalah, seringkali Ia mengambil sesuatu dengan tangannya lalu memasukkan ke mulut. Selalu pastikan tidak ada objek berbahaya seperti benda tajam ataupun beracun di sekitar Si Kecil ya, Ma. Pastikan Si Kecil selalu berada di zona yang aman agar Ia bebas bereksplorasi.

3. Berkomunikasi Sejak Dini Untuk Bekal Nanti
Selain memenuhi kebutuhannya, merawat Si Kecil sekaligus membentuknya menjadi manusia sosial ke depannya. Dan berkomunikasi dengannya sejak dini adalah salah satu cara yang utama. Pastikan Mama dan Papa selalu berbicara dengannya. Saat mengganti popok, jangan lupa bilang ke Si Kecil. Mungkin Ia belum mengerti artinya, tapi sebuah bentuk skill komunikasi telah terbentuk antara Mama dan Si Kecil yang sangat berguna untuk hidup Si Kecil ke depannya.

4. Jadikan Waktu Merawat Sebagai Waktu Bermain
Di bulan ketiga, Si Kecil akan terbangun lebih banyak. Seringkali Ia bisa “menghibur” diri sendiri, tapi dia tetap butuh stimulus dari orang-orang sekitarnya. Di sini lah pentingnya mengatur waktu bermain dengan Si Kecil. Dan jangan salah, saat mama merawat Si Kecil, bisa juga digunakan sebagai waktu bermain lho. Saat mengganti popok, bisa diselingi dengan mendongeng. Saat memakaikan baju sehabis mandi bisa diiringi dengan bernyanyi.

5. Mulailah Membentuk Jadwal dan Rutinitas
Baik orang tua atau Si Kecil pasti tidak suka dengan hal-hal yang tidak terduga. Dengan membentuk jadwal dan melaksanakan rutinitas, semua bisa terorganisir dengan baik. Kapan waktu makan, saatnya tidur, kapan waktu bermain. Dengan jadwa yang terorganisir dengan baik, Si Kecil akan merasa aman, nyaman dan mempunyai efek yang bagus untuk pertumbuhannya.