5 Tips Untuk Mama Bekerja
03 April 2020
Menjadi Ibu Rumah Tangga merupakan pekerjaan yang mulia dan menantang. Namun sebagian dari Mama di luar sana, memutuskan juga untuk bekerja di luar rumah, tentu saja tanpa meninggalkan pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga. Keputusan ini merupakan hal yang sangat hebat sekaligus tidak mudah. Berikut adalah 5 tips untuk Mama bekerja agar pekerjaan rumah tangga tidak terbengkalai dan semuanya berjalan dengan lancar.

1. Delegasikan Tugas
Ini salah satu hal penting agar semuanya berjalan dengan semestinya. Kalau mama full-time di rumah mungkin mama terbiasa untuk mengerjakan semuanya, tapi pada saat bekerja, sangat penting untuk mendelegasikan tugas-tugas rumah kepada setiap anggota keluarga. Misalnya: Pada saat makan malam. Si Adek bisa membantu membawakan piring ke meja makan, Kakak yang mengatur piring-piring dan makanan di meja makan. Papa bisa membantu mencuci piring setelah selesai makan. Ini berlaku juga untuk tugas-tugas lainnya. Intinya adalah kerja sama yang kompak antar anggota keluarga ya, Ma.

2. Membuat Rencana Di Pagi Hari
Seperti kita semua ketahui, pagi hari adalah waktu yang sangat teramat sibuk untuk anggota keluarga. Apalagi ditambah dengan Mama yang bekerja, pasti waktu yang dihabiskan untuk melakukan segala kegiatan di pagi hari semakin terbatas. Sedikit tipsnya adalah, rencanakan aktivitas pagi hari se-detail mungkin. Apabila ada yang bisa dipersiapkan dari malam sebelumnya silahkan lakukan. Lalu, latih anak-anak untuk bangun pagi dan bersiap-siap secara mandiri agar tugas mama menjadi ringan dan bisa dialokasikan untuk mengerjakan hal lain sebelum berangkat bekerja.

3. Bekerja Secara Efektif Di Kantor
Salah satu cara agar semua hal bisa terselesaikan adalah efektif dalam memanfaatkan waktu. Baik waktu di rumah atau waktu di kantor. Pada saat di kantor misalnya, kerjakan semua hal secara tepat waktu. Jangan lupa untuk membuat to do list agar tidak adak tugas yang terlewatkan. Mungkin bisa berkonsultasi dengan atasan agar bisa mendapatkan waktu yang lebih fleksibel. Dengan memanfaatkan waktu secara efektif di kantor, mama bisa dengan cepat berkumpul dengan keluarga di rumah.

4. Jadwalkan Waktu Keluarga
Pada akhirnya, hal yang terpenting bagi Mama adalah keluarga. Jadi, pastikan Mama merencanakan waktu yang berkualitas bersama seluruh anggota keluarga. Bisa dimulai dari menghabiskan waktu 1-2 jam setiap harinya setiap pulang kantor, merencakanan aktivitas di saat weekend atau liburan yang seru setiap beberapa bulan sekali. Rencanakan semuanya agar waktu dengan keluarga tetap terjaga dengan baik.

5. Waktu Untuk Diri Sendiri
Keluarga memang yang terpenting, tapi jangan salah waktu untuk diri sendiri alias me-time itu juga tak kalah pentingnya lho, Ma. Bekerja di kantor sekaligus mengatur rumah tangga merupakan hal yang tidak mudah. Apabila Mama tidak punya jadwal Me-Time pasti mama akan stress sendiri dan akhirnya semua tidak berjalan dengan baik. Rencanakan jadwal untuk memanjakan diri sendiri, mulai dari pergi ke Spa atau treatment di salon, atau sekedar bertemu dengan tema-teman Mama.