5 Hal Tentang Si Kecil Di Umur 6 Bulan.
14 March 2020
Memasuki umur 3-6 bulan merupakan momen paling seru bersama Si Kecil. Di masa ini banyak hal-hal baru yang akan mama dan papa temukan untuk pertama kalinya. Di umur ini pula, mama harus punya semacam checklist tentang hal-hal yang berhubungan dengan Si Kecil. Jangan khawatir, berikut 5 tipsnya, Ma.

1. Nutrisi Si Kecil
Ini hal yang paling penting untuk diperhatikan dari Si Kecil. Pola makan dan nutrisi Si Kecil. Di akhir periode 3 hingga 6 bulan, siap-siap untuk perubahan pola makan dari ASI menjadi makanan padat pengganti ASI. Ini terjadi karena seiring perkembangannya, Si Kecil memerlukan nutrisi yang lebih banyak, dan juga sistem pencernaannya pun telah siap untuk mengonsumsi makanan padat. Jadi, siap-siap ya Ma. Dan jangan lupa juga untuk selalu konsultasi ke dokternya Si Kecil.

2. Pola Tidur
Tidur merupakan hal yang penting untuk pertumbuhan Si Kecil. Checklistnya adalah pastikan Si Kecil tidur siang 2 hingga 3 kali sehari dan 10 jam tidur malam. Rutinitas tidur mulai bisa diperkenalkan lho, Ma. Caranya, pastikan Si Kecil tidur di jam yang sama setiap harinya. Ini membantu membentuk pola tidur yang sehat untuk Si Kecil.

3. Milestone Perkembangan Si Kecil
Di umur 3 hingga 6 bulan, adalah masa dimana Si Kecil mulai aktif bergerak mengikuti perkembangan-perkembangan lainnya. Ia akan mulai berguling, mencoba untuk duduk dengan sendirinya, Ia pun akan mulai sadar dengan lingkungan sekitar dan sudah nyaman dengan orang-orang yang sering dilihatnya. Si Kecil juga akan mulai “banyak mau”nya Ma. Jangan khawatir, ini tanda yang bagus Ma dan menjadi penanda bahwa Si Kecil sedang berkembang dengan baik.

4. Tumbuh Gigi
Ini saatnya Si Kecil mulai tumbuh gigi dan memasuki momen-momen yang susah untuknya. Gusinya akan terasa gatal, air liur akan banyak keluar, Ia mulai sering memasukkan apa pun ke dalam mulutnya. Perhatian ekstra dari mama dan papa sangat diperlukan pada saat ini. Pastikan Si Kecil menjalaninya dengan senyaman mungkin.

5. Komunikasi Mulai Terbangun
Mungkin Si Kecil belum bisa berbicara, tapi yang pasti Ia mulai sadar dengan lingkungan sekitar. Yang paling penting mama dan papa lakukan di tahap ini adalah mencoba berkomunikasi dengan Si Kecil. Mulai dari berbicara, membacakan cerita, bernyanyi bersama, ini semua penting dilakukan untuk membangun skill komunikasi Si Kecil.