5 Tips Berguna Untuk Si Kecil Umur 3 Bulan
06 March 2020
Si Kecil udah memasuki umur 3 bulan ya, Ma? Kalau mama mencari tips-tips yang berguna untuk Si Kecil, di artikel berikut mama bisa mendapatkannya.

Di umur 3 bulan, Si Kecil mulai menurunkan frekuensi menangisnya, gerak-geriknya mulai terbaca, rutinitas tidurnya mulai terbentuk dan mulai sadar dengan lingkugan sekitar. Nah, berikut adalah tips-tips untuk Si Kecil ya, Ma

1. Lanjutkan ASI
ASI masih merupakan makanan paling bernutrisi untuk Si Kecil. Dan di umur 3 bulan ini, Si Kecil mulai membentuk jadwal untuk menyusui. Dengan rutinitas seperti ini, mama bisa lebih mudah dalam merencanakan hal lain. Di umur 3 bulan ini, jangan berikan Si Kecil makanan padat dulu ya, Ma. Konsisten terus aja memberi ASI hingga umur 6 bulan.

2. Mulai Ajak Si Kecil untuk Tidur
Dengan terbentuknya aktivitas Si Kecil secara rutin, berarti Si Kecil sudah bisa untuk diajak tidur sesuai jadwal nih, Ma. Coba mulai latihan untuk tidur malam dengan jadwal tertentu. Walaupun di tengah malam Si Kecil mungkin akan bangun, tapi tidak apa-apa, biarkan saja Ia terteidur kembali dengan sendirinya.

3. Berkomunikasi dengan Si Kecil
Umur 3 bulan adalah saat dimana Si Kecil mulai ekspresif, Ma. Ia mulai merespon segala suara dan gerakan. Manfaatkan ini untuk berkomunikasi dengan Si Kecil. Ya benar, komunikasi bukan cuma berbicara lho, Ma. Coba lakukan gestur-gestur sederhana agar Si Kecil terhibur. Nyanyi dan bersenandung juga cara berkomunikasi dengan Si Kecil lho, Ma.

4. Bersiap akan Perubahan Si Kecil
Di usia 3 bulan ini, Si Kecil akan mengalami fase perubahan pertumbuhan yang besar. Mulai dari munculnya kebiasaan mengunyah, menghisap hingga mengeluarkan banyak air liur. Si Kecil akan sering memasukkan apa pun ke dalam mulutnya. Saatnya membelikan teether untuk Si Kecil ya, Ma. Ini akan membantu Si Kecil dalam proses mengunyahnya.

5. Mulai Bersiap Mengamankan Si Kecil
Seiring dengan aktivitas Si Kecil yang meningkat, keamanannya juga harus ditingkatkan ya, Ma. Coba lihat sekelilingnya, ada benda-benda yang berpotensi berbahaya untuk aktivitas Si Kecil kah? Saatnya child-proofing ruangan ya, Ma. Lalu, singkirkan obat-obatan dan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Intinya, pastikan Si kecil bebas bearktivitas di ruang yang aman ya, Ma.