Musim Hujan? Bikin Aktivitas Di Rumah Aja, Ma. Ini 5 Idenya!
28 February 2020
Akhir-akhir ini hujan mulai sering turun dibanding biasanya ya, Ma. Dengan kondisi seperti ini biasanya aktivitas dengan Si Kecil pasti akan terhambat. Namun jangan khawatir, Ma. Walaupun di dalam rumah, tetap bisa membuat berbagai aktivitas yang seru bersama Si Kecil, kok. Berikut adalah 5 idenya ya, Ma.

1. Mencoba Board Game
Board game merupakan aktivitas alternatif yang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Pilihan board gamenya pun beragam. Mulai dari sederhana sampai yang cukup rumit. Sesuaikan dengan minat Si Kecil ya, Ma. Mungkin bisa dicoba tipe board game yang paling sederhana seperti Ludo atau ular tangga. Seru lho, Ma

2. Menjadi bajak Laut
Role-playing bisa menjadi aktivitas alternatif pada saat hujan turun lho, Ma. Salah satu cerita yang seru adalah, bajak laut dan harta karun. Caranya juga mudah, Ma. Sembunyikan mainan favorit Si Kecil di sekitar rumah. Setelah itu gambar peta beserta petunjuk yang mengarah ke “harta karun” mereka itu dan ajak mereka untuk mencarinya. Ini aktivitas yang bisa melatih pola pikir dan problem-solving.

3. Bikin Bioskop Sendiri
Tidak bisa nonton bioskop karena hujan turun? Jangan khawatir, bikin bioskop sendiri aja di dalam rumah, Ma. Sepakati dulu film apa yang hendak ditonton bersama Si Kecil. Jangan lupa siapkan cemilan khas bioskop seperti Pop Corn. Setelah itu tinggal set-up ruangan tempat nontonnya dengan cara menggelapkan cahaya di sekitarnya. Lalu, nonton deh. Seru, kan Ma?

4. Membuat Kue
Kalau mama hobi membuat kue, ini bisa jadi salah satu aktivitas di musim hujan bersama Si Kecil. Biarkan Si Kecil mengerjakan tugas-tugas sederhana dalam membuat kue seperti menimbang bahan-bahan, mengaduk adonan dan lain-lai. Ini berfungsi melatih motorik Si Kecil dan skill dalam berhitung.

5. Membersihkan Kamar Mandi
Ini aktivitas yang bisa dilakukan pada saat Si Kecil minta “main hujan” Daripada bermain hujan di luar, kenapa tidak dilakukan di dalam kamar mandi sambil membersihkannya. Ini aktivitas yang bisa bermanfaat bagi Si Kecil dan mama. Si Kecil senang karena bermain air, mama juga senang karena kamar mandinya bersih.