Mama Tahu Sleep Training? Yuk Kita Bahas!
23 February 2020
Sebuah rutinitas yang pasti terjadi khususnya pada saat Si Kecil berumur 3-6 bulan yaitu Si Kecil yang terbangun di malam hari. Bahkan biasanya bisa sampai beberapa kali dalam satu malam. Setiap mama pasti berharap Si Kecil bisa tidur nyenyak hingga pagi hari, karena ini berpengaruh juga terhadap kualitas tidur mama. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan Sleep Training. Berikut, 5 hal yang harus mama ketahui.

1. Definisi Sleep Training
Sleep training adalah sebuah metode latihan tidur agar bayi dan balita bisa istirahat dengan lebih nyenyak hingga pagi hari. Ada bayi yang langsung bisa melakukan dengan cepat dan mudah, namun kebanyakan agak sedikit susah tidur dan kembali terbangun pada saat tidur.

2. Cara Melakukan Sleep Training
Ada 3 metode sleep training: Yang pertama adalah Cry It Out. Metode pertama ini berfungsi agar Si Kecil mendapatkan kenyamanan sendiri pada saat tidur dengan cara membiarkannya menangis sebelum dan pada saat tidur. Metode kedua: No Cry. Pada metode ini, mama harus tanggap merespon pada saat Si Kecil nangis dan membutuhkan kenyamanan pada saat tidur. Teknik ketiga adalah Fading, ini adalah teknik dimana mama memberikan kenyamanan dulu pada Si Kecil, lalu perlahan-lahan menjauh agar Si Kecil bisa mengembangkan rasa nyaman pada dirinya sendiri.

3. Persiapan Sleep Training
Sebelum tidur, mama bisa melakukan hal ini sebagai rutinitas sleep training. Misalnya: memilih jam yang sama dan konsisten setiap harinya, sebagai penanda waktu tidur. Lalu, lakukan rutinitas sebelum tidur secara berulang dan konsisten seperti: membaca buku, berdoa dan lain-lain. Yang ketiga, siapkan popok yang berkualitas agar Si Kecil tetap nyaman sepanjang malam.

4. Usia yang Pas Memulai Sleep Training
Sleep training sudah bisa dimulai saat Si Kecil memasuki umur 3-6 bulan lho, Ma. Di umur segitu, biasanya bayi sudah mempunya jadwal tidur yang teratur. Ya walaupun tidak bisa dipukul rata juga, yang paling penting adalah konsultasi ke dokter anak apabila ingin menjalankan sleep training apakah aman untuk Si Kecil atau tidak.

5. Tidak Harus Melakukan Sleep Training
Buat mama, yang harus diketahui adalah sleep training ini adalah metode alternatif, bukan berarti harus dicoba. Masing-masing keluarga punya metode dan rutinitas yang berbeda. Kebiasaannya pun berbeda-beda. Lakukan jika dirasa cocok, tinggalkan apabila tidak sesuai dengan prinsip mama dan papa.