Lakukan 5 Hal Ini Agar Si Kecil Tidur Lebih Nyaman!
07 February 2020
Menyangkut tidur malam di umur 0-3 bulan, setidaknya ada dua hal berbeda yang biasanya dilakukan mama kepada Si Kecil. Membiarkan Si Kecil hingga tertidur atau melakukan rutinitas sebelum tidur. Nah rutinitas sebelum tidur itu sebenarnya ada fungsinya juga lho, ma. Yaitu sebagai penanda waktu tidur. Saat rutinitas sudah dilakukan harapannya Si Kecil mengenali pola bahwa sebentar lagi sudah memasuki waktu tidur. Nah coba lakukan salah satu dari rutinitas sebelum tidur ini, Ma

1. Bermain dengan Santai
Yup, mama tidak salah dengar. Bermain juga bisa menjadi rutinitas sebelum tidur lho Ma. Tentu aja jenis permainannya akan berbeda dengan yang dilakukan pada saat siang hari. Bermain sebagai rutinitas sebelum tidur harus bersifat menenangkan, santai dan pasif. Misalnya: bermain cilukba.

2. Ngobrol Berdua
“Anakku kan masih 3 bulan, belum bisa ngomong” Belum bisa berbicara kan bukan berarti tidak bisa berkomunikasi, Ma. Si Kecil tahu kok pada saat mama berbicara dan ngobrol. Mungkin Ia belum bisa mengerti artinya, tapi pada saat mama berbicara dengan nada lembut dan penuh kasih, Ia mengerti kok kalo itu adalah momen keintiman. Berbicara tentang apa saja, bisa menjadi rutinitas sebelum tidur yang menyenangkan lho, Ma.

3. Dongeng Sebelum tidur
Dongeng sebelum tidur merupakan rutinitas yang cukup tua yang dilakukan umat manusia. Momen sebelum tidur adalah momen dimana tubuh kita bersiap-siap untuk pasif dan berisitrahat dan mendengarkan dongeng bisa membantu untuk relax. Ambil buku favorit Si Kecil dan bacakan dengan cara menarik. Apalagi kalau mama sambil berperan sebagai karakternya. pasti tambah seru.

4. Membersihkan Badan
Nah rutinitas ini fungsinya untuk kebersihan yang membawa kenyamanan pada saat tidur. Membersihkan badan tidak harus mandi lho, Ma. Cukup dengan membasuh Si Kecil dengan lap dan air hangat juga bisa membuat Si Kecil lebih nyaman dalam tidurnya.

5. Mengganti Pakaian yang Paling Nyaman
Setelah badan sudah bersih, selanjutnya adalah mengganti pakaian Si Kecil dengan yang paling nyaman. Pakaian dengan bahan yang lembut dan wangi bisa membuat tidur Si Kecil lebih nyaman. Dan yang tak kalah pentingnya, siapkan Si Kecil dengan popok yang tahan semalaman dan nyaman untuk kulit Si Kecil, contohnya popok Goon dengan berbagai fitur andalannya.