Latihan Membaca untuk Si Kecil? Ini 5 Tipsnya!
26 December 2019
Membaca adalah skill dasar yang harus dikuasai setiap anak, dan itu memang harus dipelajari. Apabila kita sebagai orangtua ingin Si Kecil mempelajari suatu skill, “action” adalah cara yang tepat untuk mulai belajar dengan menjadikan aktivitas ini sebagai sesuatu yang seru. Apa aja kelima tips agar Si Kecil bersemangat dalam belajar membaca? Ini dia, Ma!

1. Carikan Buku yang Interaktif
Interaksi adalah cara agar suatu aktivitas menjadi lebih menarik, begitu juga dengan aktivitas belajar membaca. Cari buku dimana Si Kecil bisa berinteraksi melalui suara atau sentuhan. Contohnya buku Pop-Up yang sekarang lagi trend. Selain isi bukunya menarik, proses membacanya yang interaktif dipastikan akan membuat Si Kecil lebih senang membaca.

2. Sesi Membaca adalah Sesi Menyenangkan
Sesi membaca merupakan aktivitas yang rawan menjadi sesi yang membosankan. Apalagi kalau itu hanya rutinitas belaka. Bagaimana caranya agar sesi membaca lebih menyenangkan buat Si Kecil? Ingat, Ma perhatian Si Kecil itu masih pendek, jadi pastikan buku yang mama baca tidak terlalu panjang dan dikemas dalam kalimat yang pendek-pendek. Tapi perhatikan juga isi bukunya agar temanya tetap menarik ya, Ma.

3. Membaca dan Bertanya.
Jadikan sesi membaca itu adalah aktivitas dua arah, ya Ma. Mama membaca dan Si Kecil juga bisa bertanya tentang buku yang sedang dibaca. Mama juga bisa berusaha dengan memancing pertanyaan-pertanyaan sederhana agar diskusi kecil bisa berjalan. Ini dilakukan agar kegiatan membaca tidak berlangsung monoton dan Si Kecil pun bosan.

4. Baca Buku yang Sama Berulang-ulang? Kenapa Tidak?
Seiring dengan minat baca Si Kecil yang meningkat, pasti mama semangat membelikan banyak buku untuk Si Kecil, kan Ma? Itu bagus, namun coba cari tahu yang mana yang menjadi favorit Si Kecil dan baca buku tersebut dengan frekeuensi lebih banyak dari yang lainnya. Ini berfungsi agar Si kecil lebih senang aktivitas ini dengan cara membaca cerita yang disukainya. Lebih sering membaca, skill pun akan lebih sering terasa. Benar, kan Ma?

5. Jangan Berharap Si Kecil Duduk Tenang Saat Membaca
Kebutuhan anak kecil adalah bergerak dan aktif, Ma. Jadi, aktifitas apa pun Ia akan lebih banyak bergerak. Kita yang orang dewasa mungkin terbiasa dengan aktivitas membaca yang tenang sambil duduk. Tapi buat Si Kecil, aktivitas membaca adalah sama seperti aktivitas lainnya, jadi jangan khawatir ya, Ma. Walaupun mereka banyak berbgerak, meraka mendengarkan kok.