Travelling dengan Si Kecil? Simak 5 Tips Keamanan Berikut!
21 December 2019
Sebentar lagi memasuki musim liburan. Pastinya travelling dengan Si Kecil adalah salah satu agenda mama dan papa, kan? Apalagi Si Kecil telah menginjak umur 12 bulan, pasti seru banget deh bermain dengan Si Kecil. Nah, tapi salah satu resiko yang dapat terjadi pada saat travelling dan berada di tempat umum adalah hilangnya Si kecil dari pandangan mata. Bayangan ini pasti mengerikan sekali ya, Ma. Yuk simak tips berikut agar Si Kecil lebih aman di tempat umum.

1. Buat Rencana Detail
Jangan lupa untuk membuat rencana pada saat travelling. Apalagi kalau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tulis rencana secara detail. Mulai dari jam keberangkatan, kapan jam makan siang, dan kapan pulang. Yang juga penting adalah, membuat rencana tak terduga. Dengan merencanakan secara detail semua acara, mama dan papa bisa melacak setiap posisi seluruh anggota keluarga, termasuk Si Kecil.

2. Simpan Foto Terbaru
Zaman sekarang, memoto anggota keluarga semudah di genggaman tangan. Biasakan untuk banyak memotret Si Kecil dan simpan di memory card. Ini penting karena mama akan selalu punya foto Si Kecil yang terbaru. Apabila diperlukan dalam keadaan yang tidak diinginkan, seperti misalnya Si Kecil hilang di tempat umum, mama dan papa bisa dengan mudah memperlihatkan foto terakhir Si Kecil kepada pihak yang berwajib.

3. Pakai Busana dengan Warna Cerah
Di tempat umum, busana Si Kecil yang berwarna cerah akan membantu apabila Si Kecil tersesat di tempat umum dan harapannya akan lebih gampang ditemukan. Dan mama juga harus ingat ya, pada hari itu Si Kecil pakai busana berwarna apa. Lagipula, pakaian dengan warna cerah pasti akan lebih disukai oleh Si Kecil.

4.  Latihan Untuk Si Kecil
Apabila Si Kecil telah bisa berbicara, mama bisa mengajarkan Si Kecil prosedur apabila Ia terpisah di tempat umum. Latih Si Kecil untuk bisa menyebutkan nama, nama orangtua dan alamat singkat. Ajarkan juga, pada saat di tempat umum, mana tempat dan pihak-pihak otoritas yang harus Ia temui pada saat hendak meminta bantuan.

5. Pergunakan Aplikasi Tracking
Seiring dengan kecanggihan teknologi saat ini. Banyak sekali alat yang terhubung dengan aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai pelacak dan bisa disematkan pada Si Kecil. Alat ini bisa diletakkan di baju mereka. Pada saat mereka hilang, jauh dan terpisah, mama dan papa bisa melacak mereka dengan mudah.