Si Kecil Memasuki Umur 3-6 Bulan? Ini 5 Hal Menyangkut Tidurnya, Ma!
15 December 2019
Aktivitas tidur adalah hal yang sifatnya sepele dan sederhana namun penting untuk diperhatikan. Jangan salah, soal tidur Si Kecil juga ada ilmunya lho, Ma. Berikut adalah hal hal penting yang bisa menjadi checklist mama menyangkut tidur Si Kecil di umur 3 sampai 6 bulan.

1. Tidur dengan Mama atau Saatnya Pindah Kamar?
Umur 6 bulan merupakan tahap dimana Si Kecil sudah terlalu besar untuk tempat tidur bayi. Sepertinya ini alasan paling tepat untuk Si Kecil punya kamar sendiri sehingga Ia bisa tidur tanpa gangguan dengan kondisi yang lebih sesuai. Ini juga akan mengajarkan Si Kecil tentang arti kemandirian yang bermula dari tidur sendiri. Namun, ini pun butuh kesiapan dari mama dan papa. Kalau mama dan papa masih ingin menemani Si Kecil, tunggu hingga siap agar keadaannya menjadi lebih nyaman untuk kedua pihak.

2. Kuncinya adalah Konsistensi
Anak kecil itu membutuhkan rutinitas untuk membangun habitnya, Ma. Ini lah pentingnya mempunyai jam tidur yang fix. Di umur 6 bulan, jam biologis Si Kecil mulai terbentuk, ini saat yang pas membuat jam tidur untuk melatih kedisiplinan mereka. Problem cranky menjelang jam tidur adalah karena badannya yang lelah namun belum mempunyai jam tidur yang rutin. Jadi, segera tetapkan jam tidur dan jalankan dengan konsisten.

3. Si Kecil Tidak Mau Berpisah? Itu Normal!
Ini yang disebut sebagai separation anxiety. Si Kecil akan merasa khawatir apabila berpisah dengan mama pada saat tidur. Ini wajar saja, Ma. Cara mensiasatinya adalah dengan mengajarkan Si Kecil cara menenangkan diri sendiri. Misalnya dengan menggantikan mama dengan barang kesayangan yang Ia suka. Misalnya mainan kesayangan atau bantal favorit. Jangan lupa persiapkan semuanya agar Ia tidak terbangun di tengah malam. Misalnya dengan Goon Smile Baby Night Pants yang akan menjaganya tetap kering hingga 14 jam.

4. Terbentuk Jam Tidur
Di umur 6 bulan, jam biologis Si Kecil sudah terbentuk. Ini membuat Si Kecil sudah bisa membedakan antara siang dan malam. Pola tidur pun sudah terprogram dengan sendirinya. Si Kecil memerlukan sekitar 14 jam tidur dalam sehari. Di umur 4 bulan, Si Kecil bisa tidur 8 jam nonstop pada malam hari. Ini lah saatnya mama juga bisa mendapatkan jam tidur dan istirahat yang berkualitas. Namun tetap waspada akan kebutuhannya pada malam hari ya, Ma.

5. Tidur Siang yang Penting, Tapi Tak Mudah Dilakukan
Mungkin mama sering mengeluh karena Si Kecil yang kurang tidur siang. Padahal itu penting lho, Ma. Yang harus jadi catatan tentang tidur siang adalah, perhatikan durasi yang cukup dengan jadwal yang tetap. Ini memang tidak mudah karena bayi mempunyai kesulitan tidur di kondisi yang terang, ditambah dengan bayi belum punya mode switch dari waktu aktif ke waktu istirahat. Walau berat, tapi coba latih Si Kecil untuk tidur siang ya, Ma karena ini juga menentukan kualitas tidur malamnya.