Si Kecil Lebih Rewel? Mungkin Tumbuh Gigi, Ma!
07 December 2019
Ini salah satu milestone Si Kecil yang membuat bahagia mama dan papa sekaligus bikin pusing karena Si Kecil akan lebih rewel dari biasanya. Apa lagi kalau bukan fase tumbuh gigi. Memasuki usia 3 bulan biasanya sudah terlihat tanda-tandanya. Tapi, tidak semuanya mengalami lho, Ma. Jadi pastikan mama menyiapkan segala sesuatunya apabila mama mengenali 5 tanda SI Kecil tumbuh gigi berikut ini.

1. Air Liur yang Banyak
Si Kecil mengeluarkan air liur, itu sudah pasti dan memang biasa terjadi, tapi pada saat frekuensinya sangat berlebihan, bisa jadi Ia sedang mengalami tanda-tanda tumbuh gigi. Untuk lebih memastikannya, simak juga tanda-tanda lainnya ya, Ma.

2. Tidak Nafsu Makan
Apabila Si Kecil telah beralih ke makanan padat, Ia akan cenderung malas untuk mengunyah dan lebih memilih untuk minum ASI saja. Alat makan seperti sendok pasti akan membuat gusi mereka perih dan akhirnya memilih untuk minum dari botol saja. Tapi itu hanya sebagian saja, sebagian lain mungkin malah jadi lebih nafsu makan karena sensasi mengunyah bisa membuat gusi lebih nyaman.

3. Gusi Bengkak
Kalau mama mau memastikan apakah Si Kecil benar-benar sedang dalam fase tumbuh gigi, tanda ini bisa jadi konfirmasi. Gusi yang terlihat memerah, bengkak dan agak memar merupakan tanda utama bahwa gigi Si Kecil sebentar lagi akan keluar. Nggak usah khawatir dan panik ya, Ma. Ini wajar terjadi kok.

4. Tidur Malam Lebih Rewel
Aktifitas gigi yang sedang tumbuh biasanya terjadi pada saat malam hari, dan ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada saat Ia tidur malam. Jangan lupa untuk memberikan kenyamanan pada Si Kecil saat sebelum tidur. Kenakan pakaian yang bersih dan nyaman, redupkan lampu kamar dan atur suhu ruangan, yang paling penting, persiapkan Si Kecil dengan popok Goon yang akan memberikan kenyamanan hingga pagi hari.

5. Mengunyah Terus
Cara untuk meredam tekanan karena gigi yang sedang tumbuh adalh dengan mengunyah. Ini menjelaskan kenapa Si Kecil pasti akan berusaha mengunyah apa pun yang dia pegang. Ini bisa juga terjadi karena di fase ini ada sensasi aneh yang dirasakan Si Kecil di bawah gusinya. Pastikan apa yang dikunyah Si Kecil selalu aman ya, Ma.