5 Tips Mengelola Waktu Untuk Mama
07 December 2019
Pasti setuju kan ma kalau waktu adalah hal yang paling berharga karena tidak dapat terulang lagi. Jadi manfaatkan lah waktu dengan sebaik-baiknya. Untuk seorang ibu, teori akan lebih mudah dari prakteknya karena mama pasti harus berhubungan dengan berbagai macam hal mulai dari aktivitas anak-anak, tanggung jawab rumah tangga, belum lagi kalau mama termasuk Ibu Rumah Tangga yang bekerja. Nah, gimana sih caranya mengelola waktu agar semua hal dapat terselesaikan sehingga mama bisa mendapatkan waktu yang berkualitas, berikut 5 tipsnya.

1. Cobalah untuk Lebih Teratur
Teratur di sini artinya mengorganisir dan merencakan semua kegiatan berdasarkan urutan waktu. Coba deh, tentukan hari ini ada agenda apa aja, tugas-tugas apa yang ingin diselesaikan, ada meeting dengan siapa aja. Catat semuanya dalam suatu agenda, dan persiapkan di hari sebelumnya. Ini berguna agar tidak ada jadwal yang terlewatkan dan semuanya terselesaikan dengan baik.

2. Delegasikan Tugas
Seni mengelola waktu salah satunya adalah kemampuan untuk mendelegasikan pekerjaan ke pihak lain. Sudah pasti kita tidak bisa hidup sendiri dan selalu ada orang yang membantu kita. Namun kadang sebagai mama, kita ingin tugas terselesaikan dengan cara kita sendiri, padahal ada orang lain yang harusnya bisa menyelesaikan, sehingga kita bisa mengerjakan hal yang lainnya. Coba belajar untuk percaya dan biarkan orang lain membantu kita, pasti hidup kita akan lebih terorgansir.

3. Multitasking Hanya Jika Diperlukan
Multitasking adalah cara agar pengelolaan waktu bisa berjalan secara efisien, tapi hanya boleh dilakukan pada saat diperlukan saja. Menurut penelitian jika tidak dilakukan dengan benar, proses multitasking cenderung menghasilkan kerjaan yang tiak maksimal karena kita cenderung beralih dari suatu kerjaan ke kerjaan lain, padahal belum terselesaikan. Jadi, silahkan multitasking hanya pada saat diperlukan ya Ma.

4. Fleksibel

Ini hal yang paling penting dalam mengelola waktu untuk seorang Ibu. Menjadi fleksibel, apalagi berhubungan dengan Si Kecil, pasti banyak sekali hal yang tidak terduga bisa terjadi. Tiba-tiba Si Kecil sakit, atau tantrum dan lain-lain. Intinya, saat suatu rencana tidak berjalan dengan semestinya, fleksibel aja dan lanjut aja ke rencana berikutnya. Dengan begini, pasti mama bisa lebih stress-free dan lebih menikmati hidup.

5. Pikirkan Diri Mama Juga
Sebagai seorang Ibu, pasti hal pertama yang dipikirkan adalah keluarga. Mulai dari suami dan anak-anak. Semua waktu mama tercurahkan untuk mereka yang dicintai. Namun, memikirkan diri sendiri juga tidak kalah pentingnya lho, Ma. Coba luangkan waktu khusus untuk menyenangkan diri mama sendiri. Mungkin pijat refleksi, bertemu dengan teman-teman atau menyalurkan hobi. Pada saat mama bahagia dengan diri sendiri, akan lebih mudah untuk memberikan waktu mama untuk orang yang mama kasihi.