Si Kecil Sering Tidur Cepat? Itu Bagus, Ma. Ini 5 alasannya!
16 November 2019
Di usia 3-6 bulan, tidur merupakan aktivitas yang paling penting bagi Si Kecil. Kita sering menganggap sepele fungsi tidur, padahal efek yang ditimbulkan menyangkut pertumbuhan Si Kecil itu sangat besar lho, Ma. Tidur aja sudah menyehatkan, apalagi tidur dengan cepat. Nah, berikut adalah 5 alasan kenapa tidur cepat sangat disarankan bagi Si Kecil?

1. Meminimalisir Bangun malam
Setiap mama pasti mengalami problem ini, yaitu Si Kecil yang seringkali terbangun pada malam hari. Nah, ini bisa diakibatkan karena Si Kecil telat tidur malam lho, Ma. Alasannya adalah badan mereka sudah terlalu lelah untuk beristirahat hingga akhirnya tidurnya tidak terlalu dalam dan gampang terbangun. Dengan tidur cepat, badan Si Kecil bisa mempunya durasi yang cukup untuk mendapatkan proses tidur yang ideal.

2. Waktu Berkualitas
Tidur yang lebih cepat memungkinkan mama dan papa punya waktu yang lebih banyak bersama Si Kecil. Mulai dari membacakan buku favoritnya, mendongeng, atau sekedar ngobrol tentang apa saja bersama Si Kecil. Persiapan tidur menyangkut pakaian juga bisa dilakukan secara proper. Misalnya memakaikan popok Goon agar Si Kecil tetap kering hingga pagi hari.

3. Bangun Pagi
Konsekuensi tidur cepat adalah, Si Kecil dapat mempunyai jam tidur yang lebih banyak dan bangun lebih pagi. Kalau mama berpikir bahwa, dengan tidur telat, Si Kecil akan bangun siang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kenyataannya tidak begitu, ma karena badan kita mempunyai jam biologis yang “memaksa” kita untuk bangun pagi. Dengan tidur yang telat, dan sudah harus bangun pagi, dipastikan Si kecil tidak akan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

4. Lebih Sehat
Sebuah penelitian menemukan bayi umur 18 bulan yang mempunyai kebiasaan tidur telat lebih beresiko terhadap perkembangan motorik, bahasa serta kemampuan sosialisasi. Sedangkan anak yang sudah memasuki usia sekolah, cenderung terganggu responnya yang mengakibatkan kurangnya perhatian di sekolah. Masalah lainnya dari kebiasaan tidur telat yang menyangkut kesehatan padahal, resiko obesitas yang lebih besar pada anak.

5. Lebih Cepat Lelap
Dengan mempunyai jadwal waktu tidur yang sama setiap harinya, Si Kecil akan merasa nyaman pada saat waktunya tidur. Badan manusia membutuhkan keteraturan, dan keteraturan itu yang memberikan rasa aman dan nyaman. Begitu juga dengan tidur, kenyamanan itu lah yang akan membantu Si Kecil lebih cepat terlelap dan mendapatkan tidur yang berkualitas.