5 Tips Membentuk Kedisiplinan Si Kecil
04 November 2019
Punya anak yang disiplin pasti menjadi keinginan setiap orang tua. Perilaku yang mengutamakan kedisiplinan memang akan membawa banyak manfaat dalam hisup Si Kecil ke depannya. Namun kedisiplinan tidak bisa hadir begitu saja tanpa dilatih lho, Ma. Berikut 5 tips memupuk rasa disiplin pada diri Si Kecil.

1. Tentukan Rambu-Rambu
Menerapkan batasan sebaiknya memang dilakukan sedini mungkin. Tentukan apa yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Dalam menerapkan rambu-rambu tersebut bukan berarti harus keras lho, Ma namun lebih mengenalkan konsep benar dan salah serta konsekuensi yang diterima atas tindakannya.

2. Konsistensi adalah Kunci
Setelah ada rambu-rambu yang harus diikuti kenalkan juga dengan sikap konsisten dalam menjalankannya. Menyangkut hal ini, mama harus berdiskusi juga dengan papa agar sama-sama menerapkan rambu yang sama dan ikut menjaga konsistensinya.

3. Beri Contoh
Cara paling efektif melatih kedisiplinan adalah dengan mencontohkan. Ini lebih mudah dilakukan kalau mama dan papa memang sudah menerapkan disiplin terhadap diri sendiri. Misalnya, daripada menyuruh Si Kecil agar jangan lupa sikat gigi, lebih baik mencontohkannya dan melakukannya bersama-sama Si Kecil.

4. Beri Pujian untuk Apresiasi
Ini sebenarnya sifat alami manusia yang akan merasa lebih dihargai pada saat diapresiasi. Jadi, jangan lupa untuk selalu memberikan pujian apabila Si Kecil telah melakukan sesuatu yang disiplin. Ini akan membuat Si Kecil merasa bahwa yang Ia lakukan sudah benar dan akan terus konsisten melakukan hal tersebut ke depannya.

5. Lakukan dengan Bahasa Positif
Menerapkan kedisplinan juga bisa lewat bahasa yang digunakan lho, Ma. Ini pentingnya menggunakan kalimat-kalimat yang positif. Misalnya: jangan pakai kata larangan kecuali untuk hal yang membahayakan keselamatan. Kalimatnya bisa diubah menjadi ajakan yang lebih positif. Misalnya, daripada bilang “jangan main di luar ya, nak” bisa diubah menjadi kalimat “Main di dalam rumah aja yuk, Nak. Ibu ada permainan yang seru nih”