5 Tips Agar Si Kecil Tidur Malam dengan Lelap
18 October 2019
Tidur yang berkualitas merupakan kunci dari kesehatan jiwa dan raga. Ini tidak terkecuali untuk anak kecil juga lho, Ma. Tidur malam yang lelap hingga pagi hari bisa membantu perkembangan tubuhnya. Namun, sebagai orang tua, kita tahu bahwa itu pasti tidak mudah. Apalagi memasuki umur 3-6 bulan dimana Ia masih tergantung dengan mama. Tapi, ada caranya kok bagaimana Si Kecil bisa tidur lelap hingga pagi hari, setidaknya dari kecil sudah dilatih agar ke depannya mereka bisa mempunyai rutinitas tidur yang berkualitas. Berikut 5 tipsnya ya, Ma

1. Aktivitas siang dan malam harus dibedakan
Orang dewasa mempunyai jam biologis di dalam tubuh yang bisa membedakan mana waktu siang hari untuk beraktivitas secara penuh, dan mana malam hari dimana tubuh harus berisitirahat. Tapi Si Kecil belum punya jam biologis, oleh karena itu harus kita latih agar Ia bisa membedakannya. Caranya pilih aktivitas yang seru untuk dilakukan di siang hari, dan bedakan dengan aktivitas malam hari dimana aktivitas tersebut lebih bersifat menenangkan. Ini bisa membantu memprogram jam biologis Si Kecil agar Ia bisa beristrahat secara maksimal pada malam hari.

2. Si Kecil Tertidur Sendiri? Kenapa Tidak?
Sebagai orangtua pasti kita ingin selalu membantu agar Si Kecil mendapatkan kenyamanannya agar bisa tertidur. Kadang-kadang kita menepuk-nepuk badannya, kadang menyanyikan nina bobo agar Si Kecil cepat tertidur. Nah, coba tips ini deh Ma, biarkan Si Kecil tertidur sendiri, biarkan Ia mengembangkan sistem yang memberikan kenyamanan pada dirinya sendiri. Awalnya pasti akan susah, tapi bukan hal yang mustahil kok Ma.

3. Buat Rutinitas Sebelum Tidur
Rutinitas tidur ini berguna sebagai signal kepada Si Kecil bahwa jam untuk tidur akan segera tiba. Rutinitasnya bisa bermacam-maca. Mulai dari membaca buku, mendongeng, berdoa. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan kegiatan mengantarnya tidur.

4.Tidur dengan Barang Favorit
Fungsi dari barang favorit adalah memberikan kenyamanan pada diri Si Kecil untuk menemaninya tidur semalaman. Barang-barangnya bisa bermacam-macam mulai dari boneka, bantal atau guling kesayangan. Coba deh, Ma.

5. Pakai Popok yang Tahan Semalaman
Salah satu faktor yang membuat Si Kecil terbangun pada malam hari adalah popok yang basah karena sudah penuh. Oleh karena itu pilihlah popok yang bisa menjaga Si Kecil tetap nyaman tidur sepanjang malam. Popok GOON night pants adalah salah satunya.