5 Ide Bermain Dengan Si Kecil Umur 0-3 Bulan
11 October 2019
Setelah Si Kecil lahir rutinitas kita sebagai orang tua khususnya Mama pasti tidak lepas dari kegiatan mengganti popok, memberi ASI, tidur dan lain-lain. Agar tidak membosankan gimana sih cara bermain dengan Si Kecil melalui rutinitas-rutinitas tersebut? Ide 5 idenya ya, Ma

1. Bicara Dengan Bahasa Si Kecil
Ini naluri orang dewasa pada saat berbicara dengan bayi. Ditandai dengan pitch suara yang lebih tinggi dan intonasi yang agak dilebih-lebihkan sesuai dengan bagaimana biasanya bayi berekspresi. Walaupun ini sebenarnya tidak disarankan pada saat umur bayi sudah lebih besar, tapi di umur 0-3 bulan justru ini bisa menjadi stimulus yang berguna untuk Si Kecil lho, Ma. Dengan berbicara dengan intonasi yang lebih ditekankan dan pitch yang lebih tinggi, ini bisa membuat Si Kecil lebih cepat mengenal kosa kata lewat suara yang dikeluarkan.

2. Bernyanyi Untuk Si Kecil
Bernyanyi adalah salah satu bentuk komunikasi lewat suara. Apakah Si Kecil bisa menikmatinya? Eits jangan salah, Ma sejak hari pertama Si Kecil lahir ke dunia Ia sudah bisa membedakan antara suara biasa dengan suara yang mempunyai ritme tertentu seperti musik. Bahkan sejak kehamilan usia 25 minggu Si Kecil sudah bisa memproses sinyal suara. Dan suara siapa lagi yang paling dikenalnya selain dari suara mama. Jadi, terus bernyanyi di sela-sela kegiatan bersama Si Kecil ya Ma.

3. Membaca Untuk Si Kecil
Membaca merupakan latihan yang baik untuk Mama dan punya keuntungan juga untuk SI Kecil. Kita cenderung berkespresi dengan cara yang berbeda pada saat kita membaca dibanding dengan berbicara. Ini berguna untuk Si Kecil karena Ia akan terekspos dengan berbagai macam suara, kosa kata dan bahasa. Ini akan terlihat efeknya pada saat Si Kecil memasuki usia yang lebih besar dimana kemampuan linguistiknya akan lebih cepat berkembang.

4. Sentuhan dan Permainan Sensorik
Menyentuh tangan atau kaki Si Kecil merupakan hal yang paling sering kita lakukan sebagai orangtua. Wajar saja sih, secara tangan dan kaki Si Kecil yang imut dan lucu bikin kita sebagai orang tua selalu ingin menyentuhnya. Ini penting bahkan direkomendasikan karena menurut penelitian, aktivitas ini terbukti berperan besar dalam tumbuh kembangnya. Selain itu, permainan sensorik dengan membiarkan Ia memegang berbagai macam tekstur dan material dari barang-barang sekitar juga sangat bermanfaat untuk perkembangannya. Tapi ingat, pastikan barang-barangnya bersih dan steril ya Ma.

5.  Menirukan Ekspresi Si Kecil
Ini adalah bagian dari beberapa aktivitas yang berguna untuk melatih sensor penglihatan Si Kecil. Termasuk di dalamnya menghadapkan Si Kecil ke depan kaca agar Ia bisa melihat dan mengenali dirinya, menirukan ekspresi Si Kecil bisa berupa ikut menjulurkan lidah pada saat Si Kecil melakukannya, atau saling bertatap-tatapan dengan Si Kecil. Sesekali bisa juga mama berekspresi lebih dahulu lalu lihat apakah Si Kecil merespon terhadap ekspresi mama. Seru, kan Ma