5 Tips Dasar yang Sering Terlupakan Agar Si Kecil Senang
04 October 2019
Di umur yang beranjak 1 tahun, Si Kecil memang sedang lucu-lucunya dan mampu memberikan kebahagiaan kepada mama, papa dan seluruh anggota keluarga. Nah, gimana caranya kita sebagai orang tua memberikan kebahagiaan yang sama kepada Si Kecil? Ini sebenarnya tips dasar namun seringkali terlupakan karena terlalu fokus ke aspek-aspek lain. Apa saja 5 tips tersebut, yuk disimak artikelnya, Ma.

1. Cukupi Kebutuhan Makannya
Ini paling penting karena termasuk dalam kebutuhan dasar. Anak perlu dicukupi kebutuhan makannya, dan lakukan dengan waktu yang terjadwal ya, Ma atau Si Kecil pasti akan menangis. Sebagai balita yang memasuki usia 1 tahun, seringkali punya keinginan untuk menolak makanan, padahal perut yang kenyang adalah kunci kebahagiaanya. Tipsnya adalah beri dia makanan porsi kecil dengan frekeuensi yang sering. Ini menjaga agar perutnya tidak kosong yang akan membuatnya cranky.

2. Kehadiran Mama adalah Kesenangan Utamanya
Balita rewel, itu sudah pasti. Apalagi kalau di lingkungan yang Ia tidak familiar. Tapi dengan kehadiran mama, pasti masalah tersebut bisa teratasi. Mama adalah sosok yang paling familiar dan yang paling nyaman di dekatnya. Keterikatan antara Si Kecil dan mama akan membuatnya bahagia. Yang bisa mama lakukan adalah memastikan bahwa mama akan selalu di dekatnya agar ia senantiasa bahagia.

3. Tunjukkan Kasih Sayang
Ini tips yang seharusnya berjalan secara alamiah saja karena sudah seharusnya seorang mama menunjukkan kasih sayang kepada anaknya. Jadi, jangan ragu-ragu untuk menunjukkan kecintaan mama kepada Si Kecil. Pelukan, ciuman akan memberikan efek terapi yang akan membuat Si Kecil bahagia. Jangan sekalipun menunjukkan kalau mama tidak peduli padanya. Kasih sayang mama adalah sumber kebahagiaan Si Kecil.

4. Berikan Kebebasan
Bukan hanya orang dewasa, balita pun butuh kebebasan. Di satu sisi, kita sebagai orang tua wajib memberikan perlindungan, namun jangan sampai itu mengekang kebabasannya. Biarkan Ia bermain dengan bebas, mengeksplorasi dunianya. Selama dilakukan dengan aman, itu akan memberikan lebih banyak kebahagiaan di dalam dirinya.

5. Jaga Kebersihan dan Kerapihannya
Percaya tidak, ma kalau anak yang rapi dan bersih akan tumbuh menjadi anak yang punya kepedulian dan tanggung jawab dengan tubuhnya. Dan itu dimulai dari semenjak balita. Saat Si Kecil selalu bersih, rapi dan segar, itu pasti akan membuatnya bahagia. Memang sih, membuat balita selalu rapi dan bersih itu agak sulit karena bermain adalah dunianya. Jadi, pastikan mama selalu sigap dan bertanggung jawab dengan kebersihan Si Kecil ya, Ma.