5 Hal Tentang Sleep Training untuk Pola Tidur Si Kecil
14 September 2019
5 Hal Tentang Sleep Training untuk Pola Tidur Si Kecil

Berkenaan dengan tidur Si Kecil, hal yang menjadi problem klasik adalah terbangun di malam hari, bahkan bisa sampai beberapa kali. Sebenarnya ini hal yang lumrah terjadi, walaupun kalau boleh memilih, setiap mama pasti berharap Si Kecil tidur pulas hingga pagi hari. Sebenarnya kebiasaan dan pola tidur ini bisa dilatih hingga polanya bisa lebih baik. Ini yang disebut dengan sleep training. Berikut 5 hal tentang sleep training yang penting mama ketahui.

1. Tentang Sleep Training
Sleep training adalah sebuah proses latihan dengan tujuan bayi bisa tidur dengan nyenyak sepanjang malam. Setiap bayi pasti berbeda, oleh karena itu dibutuhkan intensitas latihan yang berbeda. Ada yang cepat dan mudah beradaptasi dengan sleep training, tapi banyak juga yang kembali susah tidur dan terbangun pada saat malam hari.

2. Waktu yang Tepat Memulai Sleep Training
Kapan sih memulai sleep training? Mungkin itu pertanyaan yang terlintas di benak mama. Training bisa dimulai saat Si Kecil berumur 4 hingga 6 bulan. Kenapa dimulai pada saat 4 bulan? karena di umur segitu bayi sudah mempunyai jadwal bangun dan tidur dengan teratur. Tentu saja setiap bayi akan berbeda. Belum tentu semuanya siap untuk melakukan sleep training. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter Si Kecil apabila mama berencana untuk menerapkan sleep training ya Ma.

3. Persiapan Sleep Training
Setelah mama mantap untuk melakukan sleep training kepada Si Kecil, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan sebelumnya. Persiapan tersebut antara lain: mengenalkan rutinitas sebelum tidur dan melakukannya secara konsisten. Lalu memilih jam tidur yang sama setiap hari, hingga memilih popok yang pas untuk tidur Si Kecil. Untuk kebutuhan ini Popok GOON dengan berbagai macam fitur yang membuat Si Kecil nyaman bisa jadi pilihan.

4. Metode Sleep Training
Ada beberapa metode untuk melakukan sleep training. Mama bisa melakukan satu dari 3 metode berikut ini. Metode pertama: Cry It Out. Ini metode dimana Si Kecil dibiarkan menangis agar Ia bisa membentuk kenyamanan untuk dirinya sendiri pada saat tidur. Teknik kedua disebut dengan No Cry, di teknik ini mama harus segera merespon apabila Si Kecil mulai tidak nyaman pada saat tidur sendiri. Yang ketiga yaitu teknik fading. Pada teknik ini, dimulai dengan mama yang tidur di dekat Si Kecil untuk mendapatkan kenyamanan, lalu perlahan berpisah agar Si Kecil bisa membangun rasa nyamannya sendiri.

5. Tidak Harus Melakukan Sleep Training
Sleep training ini hanya salah satu alternatif bagaimana membentuk pola tidur yang lebih baik untuk Si Kecil ya, Ma. Bukan berarti ini wajib dilakukan. Setiap anak dan keluarga pasti mempunyai cara yang berbeda-beda. Apa pun itu, pasti kita setuju kalau ini dilakukan agar Si Kecil bisa lebih baik lagi.