“Ngobrol” Dengan Si Kecil Yuk, Ma
13 September 2019
Memasuki usia 3 bulan saatnya banyak ngobrol dengan Si Kecil. Mungkin mama bingung, “lho gimana caranya, kan Si Kecil belum bisa ngomong?” Tenang, Ma. Berbicara itu tidak melulu harus dua arah kok. Walaupun Si Kecil belum bisa berbicara, namun otaknya menyerap semua suara, nada dan bahasa yang mama ucapkan dan itu sangat bermanfaat untuk perkembangannya. Jadi, gimana caranya “ngobrol” dengan Si Kecil? Ini 5 Tipsnya.

Bicara Sesering Mungkin

Lakukan berbicara dengan Si Kecil sesering mungkin ya, Ma. Saat memandikan, waktu mengganti popoknya, saat hendak tidur. Ajak Si Kecil berbicara tentang hal apa aja. Apa pun pembicaraanya, semuanya akan menjadi stimulus yang baik untuk perkembangan otaknya.

Berbicara Empat Mata
Momen berbicara yang personal bukan cuma dilakukan sesama orang dewasa lho, Ma. Dengan Si Kecil pun perlu. Saat berbicara berdua saja dengan Si Kecil, efeknya akan lebih terasa intim dibanding berbicara pada saat ramai.

Dengarkan Si Kecil
Apabila Si Kecil berusaha berbicara juga, jangan disela ya Ma. Apa pun bentuk “bicara” Si Kecil, apakah Ia bergumam atau hanya sekedar memberikan ekspresi, Ia perlu tahu bahwa Mama mendengarkan dia. Sekecil apa pun tanggapan mama, akan sangat berarti buat SI Kecil.

Lihat Matanya
Sama seperti berkomunikasi dengan orang dewasa, melihat mata pada saat berbicara itu sangat penting. Kata orang, mata adalah jendela jiwa. Lakukan juga hal tersebut kepada Si Kecil ya, Ma. Percaya deh, pada saat mama berbicara sambil melihat matanya, Ia akan merespon lebih baik.

Minimalisir Bahasa Bayi
Walaupun terdengar lucu dan menggemaskan, berbicara dengan menggunakan bahasa bayi pada saat Si Kecil justru tidak direkomendasikan. Sebaiknya tetap berbicara selayaknya mama berbicara kepada orang dewasa. Si Kecil perlu tahu, nada dan bahasa seperti apa yang biasa mama lakukan sehari-hari.